MEDIA ONLINE RESMI MAJELIS WAKIL CABANG (WCNU)NU KECAMATAN CIPAYUNG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR

Senin, 22 September 2025

KAJIAN TENTANG HUKUM MENCARI BARAKAH DARI CELUPAN TANGAN ORANG SHALIH


Viralnya berita di medsos tentang video seseorang yang mencelupkan jarinya ke dalam air mineral kemasan yang memunculkan berbagai perspektif beragam dari netizen yang sangat perlu dibuat kajiannya, sehingga muncul tulisan ini.  

Kata Barakat (Keberkahan) dalam salah satu ayat Al-Qur'an Allah berfirman,

قِيلَ يَٰنُوحُ ٱهْبِطْ بِسَلَٰمٍ مِّنَّا وَبَرَكَٰتٍ عَلَيْكَ وَعَلَىٰٓ أُمَمٍ مِّمَّن مَّعَكَۚ وَأُمَمٌ سَنُمَتِّعُهُمْ ثُمَّ يَمَسُّهُم مِّنَّا عَذَابٌ أَلِيمٌ

“Wahai Nuh! Turunlah dengan selamat sejahtera dan penuh keberkahan dari Kami, bagimu dan bagi semua umat (mukmin) yang bersamamu. Dan ada umat-umat yang Kami beri kesenangan (dalam kehidupan dunia), kemudian mereka akan ditimpa azab Kami yang pedih.” (QS. Hud: 48)

Tabarruk adalah praktik mencari keberkahan atau kebaikan dari Allah SWT melalui perantara sesuatu yang dianggap mulia atau memiliki keistimewaan khusus, seperti nabi, orang shaleh, benda suci, atau tempat keramat. Konsep ini merupakan bentuk tawasul (perantaraan) dan ekspresi cinta kepada Allah SWT, dengan keyakinan bahwa keberkahan tersebut datang dari Allah semata, bukan dari perantaranya. 

Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa sallam pernah mengalap berkah dari tempat wudhu umat islam,

عَنِ ابْنِ عُمَرَ ، قَالَ : قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، الْوُضُوءُ مِنْ جَرٍّ جَدِيدٍ مُخَمَّرٍ أَحَبُّ إِلَيْكَ أَمْ مِنَ الْمَطَاهِرِ ؟ فَقَالَ : ” لا ، بَلْ مِنَ الْمَطَاهِرِ ، إِنَّ دِينَ اللَّهِ الْحَنِيفِيَّةُ السَّمْحَةُ ” ، قَالَ: وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَبْعَثُ إِلَى الْمَطَاهِرِ ، فَيُؤْتَى بِالْمَاءِ ، فَيَشْرَبُهُ ، يَرْجُو بَرَكَةَ أَيْدِي الْمُسْلِمِين

“Diriwayatkan dari Ibn Umar, ia bertanya kepada Nabi: “Ya Rasulullah, apakah berwudhu dari wadah baru yang tertutup atau dari tempat-tempat wudhu yang lebih engkau senangi?” Rasulullah menjawab: “Tidak, tapi dari tempat-tempat berwudhu”. Agama Allah adalah agama yang lurus dan mudah. Ibnu Umar berkata: “Kemudian Rasulullah menuju tempat-tempat berwudhu dan beliau diberi air, kemudian meminumnya. Beliau mengharap berkah dan tangan-tangan umat Islam.” (HR. At-Thabrani).

Ngalap berkah dengan mencium kaki orang shaleh misalnya juga ada penjelasan dari Al-Imam An-Nawawi yang mengatakan,

يُسْتَحَبُّ تَقْبِيلُ يَدِ الرَّجُلِ الصَّالِحِ وَالزَّاهِدِ وَالْعَالِمِ وَنَحْوِهِ مِنْ أَهْلِ الآخِرَةِ، وَتَقْبِيلُ رَأْسِهِ وَرِجْلِهِ كَذَلِكَ وَأَمَّا تَقْبِيلُ يَدِهِ لِغِنَاهُ وَدُنْيَاهُ وَشَوْكَتِهِ وَوَجَاهَتِهِ عِندَ أَهْلِ الدُّنْيَا فَمَكْرُوهٌ شَدِيدَ الْكَرَاهَة

“Disunnahkan mencium tangan, kepala, dan kaki orang saleh, zuhud, dan alim. Tapi kalau mencium tangan karena harta, jabatan, atau kedudukan dunianya, hukumnya sangat makruh.” (Al-Majmu' Syarh Al-Muhadzdzab karya Imam An-Nawawi, juz 6, hal. 27).

Berbicara masalah bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah beliau memberikan keberkahannya dengan mencelupkan tangan ke air yang dibawa oleh para sahabat disebutkan beberapa riwayat hadits shahih,

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى الْغَدَاةَ جَاءَ خَدَمُ الْمَدِينَةِ بِآنِيَتِهِمْ فِيهَا الْمَاءُ فَمَا يُؤْتَى بِإِنَاءٍ إِلَّا غَمَسَ يَدَهُ فِيهَا فَرُبَّمَا جَاءُوهُ فِي الْغَدَاةِ الْبَارِدَةِ فَيَغْمِسُ يَدَهُ فِيهَا

Dari Anas bin Malik dia berkata, Apabila Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa sallam selesai melaksanakan shalat Shubuh, maka para pelayan Madinah melayani beliau dengan membawa bejana berisi air. Beliau mencelupkan jari tangannya ke dalam setiap bejana yang disodorkan kepada beliau. Terkadang para pelayan tersebut mendatangi beliau di pagi yang amat dingin, tetapi beliau tetap sudi mencelupkan tangan beliau ke dalam bejana yang berisi air tersebut." (HR. Muslim no.4291)

عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى الْغَدَاةَ جَاءَ خَدَمُ أَهْلِ الْمَدِينَةِ بِآنِيَتِهِمْ فِيهَا الْمَاءُ فَمَا يُؤْتَى بِإِنَاءٍ إِلَّا غَمَسَ يَدَهُ فِيهَا فَرُبَّمَا جَاءُوهُ فِي الْغَدَاةِ الْبَارِدَةِ فَغَمَسَ يَدَهُ فِيهَا

Dari Anas ia berkata, "Jika Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan shalat Shubuh, seorang pelayan dari penduduk Madinah datang dengan membawa bejana-bejana mereka yang berisi air. Maka tidaklah dihadapkan sebuah bejana kepada beliau kecuali ia memasukkan tangannya ke dalam bejana tersebut. Dan adakalanya mereka mendatangi beliau di waktu salat Shubuh yang dingin lalu beliau memasukkan tangannya ke dalam bejana." (HR. Ahmad no.11952)

Lebih lanjut dijelaskan dalam Fathul Mun'in Syarah Shahih Muslim sebagai berikut,

[(٦١٨) باب قربه صلى الله عليه وسلم من الناس، وتبركهم به، وتواضعه لهم]

٥٢٦٣ - عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا صلى الغداة جاء خدم المدينة بآنيتهم فيها الماء، فما يؤتى بإناء إلا غمس يده فيها. فربما جاءوه في الغداة الباردة فيغمس يده فيها.

٥٢٦٤ - عن أنس رضي الله عنه قال: لقد رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم والحلاق يحلقه. وأطاف به أصحابه. فما يريدون أن تقع شعرة إلا في يد رجل.

٥٢٦٥ - عن أنس رضي الله عنه، أن امرأة كان في عقلها شيء. فقالت: يا رسول الله! إن لي إليك حاجة. فقال: "يا أم فلان، انظري أي السكك شئت. حتى أقضي لك حاجتك" فخلا معها في بعض الطرق حتى فرغت من حاجتها.

-[المعنى العام]-

كان صلى الله عليه وسلم متواضعا، قريبا من الناس، يمشي بين أصحابه كواحد منهم، ويجلس بينهم لا يكاد يعرف عنهم، يدخل الداخل الغريب فيقول: أيكم محمد؟ يضع يده في يد رفيقه في الطريق، ويردف على ناقته هذا تارة، وهذا تارة، يأكل معهم من إناء واحد، ويشرب معهم من كوب واحد، بل كان يشرب بعد أن يشرب الناس، إذا صافح مسلما لم ينزع يده من يده حتى ينزع صاحبه، إذا طلب منه شيء أجاب، ولم يقل: لا، مهما شق عليه المطلب، لقد كان الصحابة يتبركون بالماء الذي يلامس أصابعه صلى الله عليه وسلم، فكانوا في الفجر يبعثون بمائهم في أوانيهم مع خدمهم إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم، ليضع يده في مائهم، فما تذمر، ولا تكبر على الخدم، ولا رفض لهم مطلبهم، بل لم يتأفف، ولم يتضجر من برد الماء في شدة الشتاء.

ولقد كانوا يتبركون بالاحتفاظ بشعره صلى الله عليه وسلم، فإذا جاءه الحلاق أسرعوا إليه، يحيطون به، يتلقفون شعره قبل أن يسقط على الأرض، ويحتفظون بما يلتقطون من شعره تبركا به في بيوتهم.

*(618) Bab Kedekatan Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dengan Orang-orang, Keberkahan yang Diharapkan dari Beliau, dan Kerendahan Hati Beliau*

5263 - Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Ketika Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam shalat shubuh, para pelayan Madinah datang dengan wadah-wadah mereka yang berisi air. Setiap kali mereka datang dengan wadah, beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam mencelupkan tangannya ke dalamnya. Kadang-kadang mereka datang kepada beliau di pagi yang dingin, dan beliau mencelupkan tangannya ke dalam wadah tersebut." (HR. Muslim 5263)

5264 - Dari Anas radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Aku pernah melihat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam ketika dicukur oleh tukang cukur. Para sahabat mengelilinginya, dan mereka tidak ingin ada sehelai rambut yang jatuh kecuali di tangan salah seorang dari mereka." (HR.  Muslim 5264)

5265 - Dari Anas radhiyallahu 'anhu, bahwa seorang wanita yang memiliki sesuatu dalam pikirannya berkata: "Ya Rasulullah! Aku memiliki hajat kepadamu." Beliau berkata: "Wahai Ummu (ibu) fulan, lihatlah jalan mana yang kamu inginkan, agar aku bisa memenuhi hajatmu." Beliau pun pergi bersamanya di salah satu jalan sampai ia selesai dari hajatnya." (HR. Muslim 5265)

*Makna Umum*

Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah sosok yang rendah hati, dekat dengan orang-orang, berjalan di antara sahabat-sahabatnya seperti salah satu dari mereka, dan duduk di antara mereka sehingga sulit untuk mengenali beliau. Jika ada orang asing masuk, ia bertanya: "Siapa di antara kalian yang bernama Muhammad?" Beliau meletakkan tangan di tangan temannya di jalan, kadang-kadang menaiki unta bersama yang ini, kadang yang itu, makan bersama mereka dari satu wadah, dan minum dari satu gelas. Bahkan, beliau minum setelah orang lain. Jika beliau bersalaman dengan seorang Muslim, beliau tidak mencabut tangannya dari tangan orang tersebut sampai orang itu yang melepaskan. Jika diminta sesuatu, beliau menjawab dan tidak pernah mengatakan "tidak," meskipun permintaan itu sulit. Para sahabat berharap keberkahan dari air yang menyentuh jari-jari beliau, sehingga di pagi hari mereka mengirimkan air mereka dalam wadah-wadah bersama pelayan mereka kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, agar beliau meletakkan tangannya di atas air mereka. Beliau tidak mengeluh, tidak sombong kepada para pelayan, dan tidak menolak permintaan mereka. Beliau bahkan tidak mengeluh atau merasa terganggu oleh dinginnya air di musim dingin yang sangat.

Mereka juga berharap keberkahan dari rambut beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam. Ketika tukang cukur datang, mereka segera menghampiri beliau, mengelilinginya, dan menangkap rambut beliau sebelum jatuh ke tanah, serta menyimpan apa yang mereka ambil dari rambut beliau sebagai bentuk berkah di rumah-rumah mereka." (Fathul Mun'im Syarah Shahih Muslim, Syeikh Musa Syahin Lasyin, cet : Dar Asy-Syuruq, tahun 1423 H/2002 M, juz 9 hal.170)

Singkatnya, perbuatan atau perkataan yang terjadi saat ini selama tidak menyelisihi Al-Qur'an dan As-Sunnah, ijma' ulama dan qiyas, juga bisa diterima dengan akal sehat, maka tidak lerlu dikritisi apalagi di tolak. Berbeda halnya jika keluar dari syari'at sudah seharusnya di tolak. Wallahu a'lam 🙏🏻 

Demikian Asimun Mas'ud At-Tamanmini menyampaikan semoga bermanfaat. Aamiin 

*والله الموفق الى أقوم الطريق*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar