MEDIA ONLINE RESMI MAJELIS WAKIL CABANG (WCNU)NU KECAMATAN CIPAYUNG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR

Senin, 19 September 2011

SALAFI WAHABI BICARA, ASWAJA MENJAWAB

MUHAMMAD ANSHORULLOH [SALAFI WAHABI]

Siapa yg ngikut Imam Syafi'i..?? yuk denger nasehat Ibnu Katsir yg ada dalam Tafsirnya tafsirnya surat an Najm : 39 ==> ^_^

ومن وهذه الآية الكريمة استنبط الشافعي، رحمه الله، ومن اتبعه أن القراءة لا يصل إهداء ثوابها إلى الموتى؛ لأنه ليس من عملهم ولا كسبهم؛ ولهذا لم يندب إليه رسول الله صلى الله عليه وسلم أمته ولا حثهم عليه، ولا أرشدهم إليه بنص ولا إيماء، ولم ينقل ذلك عن أحد من الصحابة، رضي الله عنهم، ولو كان خيرا لسبقونا إليه، وباب القربات يقتصر فيه على النصوص، ولا يتصرف فيه بأنواع الأقيسة والآراء، فأما الدعاء والصدقة فذاك مجمع على وصولهما، ومنصوص من الشارع عليهما.


Dari ayat mulia ini (an Najm : 39), Imam asy Syafi'i rohimahullah menyimpulkan, dan org2 yg mengikuti beliau, bahwa Qiroah (bacaan al Quran) tidak sampai Ihdaa' (kirim) pahalanya kepada orang2 yg tlh meninggal. Alasannya, krn hal itu bukan dari perbuatan dan hasil usaha mereka..


Oleh karena itu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam tidak mensunnahkan kpd umatnya utk mengamalkannya dan tidak pula beliau menganjurkan (menghasung) utk mengamalkannya, tidak pula beliau mengajarkan mrk (umatnya) kpd hal itu, baik dgn Nash atau Imaa' (isyarat).. dan tidak pula hal itu dinukil dari satu orang pun dari Sahabat rodhiyallahu a'nhum, seandainya saja hal itu baik, maka mereka pasti akan mendahului kita dlm mengamalkannya..


Adapun masalah Qurobat (perbuatan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah) hanya terbatas kpd yg ada di Nash-nash.. dia tidak bisa berubah dengan macam-macam pendapat dan pandangan.


Doa dan shodaqoh adalah disepakati (majma'/ijma') atas sampainya (kpd mayit) dan ada nashnya dari Syari' (Allah) dari kedua amalan itu..


Bisa dilihat di :
Tafsir Quranil Azhim, Abul Fidaa' Ibnu Katsir (w. 774 H)

الكتاب : تفسير القرآن العظيم
المؤلف : أبو الفداء إسماعيل بن عمر بن كثير القرشي الدمشقي (المتوفى : 774هـ

==========
^_^


IBNU MAS'UD [ASWAJA]

@Muhammad Anshorulloh: Tafsir Ibnu Katsir adalah rujukan SALAFI WAHABI seperti antum, dan apa yg antum kutib itu benar karena memang hujjah antum. Lengkapnya sprt ini :

{ وَأَنْ لَيْسَ لِلإنْسَانِ إِلا مَا سَعَى } أي: كما لا يحمل عليه وزر غيره، كذلك لا يحصل من الأجر إلا ما كسب هو لنفسه. ومن وهذه الآية الكريمة استنبط الشافعي، رحمه الله، ومن اتبعه أن القراءة لا يصل إهداء ثوابها إلى الموتى؛ لأنه ليس من عملهم ولا كسبهم؛ ولهذا لم يندب إليه رسول الله صلى الله عليه وسلم أمته ولا حثهم عليه، ولا أرشدهم إليه بنص ولا إيماء، ولم ينقل ذلك عن أحد من الصحابة، رضي الله عنهم، ولو كان خيرا لسبقونا إليه، وباب القربات يقتصر فيه على النصوص، ولا يتصرف فيه بأنواع الأقيسة والآراء، فأما الدعاء والصدقة فذاك مجمع على وصولهما، ومنصوص من الشارع عليهما.

وأما الحديث الذي رواه مسلم في صحيحه، عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "إذا مات الإنسان انقطع عمله إلا من ثلاث: من ولد صالح يدعو له، أو صدقة جارية من بعده، أو علم ينتفع به" (3) ، فهذه الثلاثة في الحقيقة هي من سعيه وكده وعمله، كما جاء في الحديث: "إن أطيب ما أكل الرجل من كسبه، وإن ولده من كسبه" (4) . والصدقة الجارية كالوقف ونحوه هي من آثار عمله ووقفه، وقد قال تعالى: { إِنَّا نَحْنُ نُحْيِي الْمَوْتَى وَنَكْتُبُ مَا قَدَّمُوا وَآثَارَهُم } (5) الآية [يس: 12]. والعلم الذي نشره في الناس فاقتدى به الناس بعده هو أيضا من سعيه وعمله، وثبت في الصحيح: "من دعا إلى هدى كان له من الأجر مثل أجور من اتبعه، من غير أن ينقص من أجورهم شيئا".

وقوله: { وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَى } أي: يوم القيامة، كما قال تعالى: { وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ وَسَتُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُون } [التوبة: 105] أي: فيخبركم به، ويجزيكم عليه أتم الجزاء، إن خيرا فخير، وإن شرا فشر. وهكذا قال هاهنا: { ثُمَّ يُجْزَاهُ الْجَزَاءَ الأوْفَى } أي: الأوفر.

Dalam tafsir tsb dijelaskan oleh Ibnu Ktsir yg sampai kpd mayit hanya DO’A DAN SEDEKAH, dgn kalimat فأما الدعاء والصدقة فذاك مجمع على وصولهما، .

Nah sekarang antum baca Tafsir Al-Qurtubi (17/114) tentang ayat dimaksud. Disana dijelaskan sbb:

وقال الربيع بن أنس: {وَأَنْ لَيْسَ لِلإِنْسَانِ إِلاَّ مَا سَعَى} يعني الكافر وأما المؤمن فله ما سعى وما سعى له غيره.

قلت: وكثير من الأحاديث يدل على هذا القول، وأن المؤمن يصل إلى ثواب العمل الصالح من غيره،

Dan berkata Ar-Rabi’ bin Anas: { dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya} yakni org kafir, dan adapun org mukmin maka baginya apa yg diusahakan dan yg diusahakan oleh org lain.

Aku (Al-Qurtubi) katakan: dan byk hadits yg menunjukkan akan pendapat ini, bahwa org mukmin itu akan mendapatkan PAHALA AMAL SHOLIH dari org lain.

Dalam Kitab Al-fiqh ‘Ala Madzahib Al-Arba’ah Asy-Syeikh Abdurrohman Al-Jazairi juz 1 bab. Khotimah Fi Ziyaroh Al-Kubur hal: 279 penerbit: Dar Al-Kutub Al-Islamiah, Bairut - Libanon cetakan pertama 2003 disana disebutkan:

و ينبغى للزائر اللاشتغال باالدعاء والتضرع واللاعتبا ر باالموتى وقرأة القرأن للميت، فأ ن ذالك ينفع الميت على الاصح

Dan sebaiknya bagi peziara itu disibukkan dgn do’a, penuh harap dan mengambil pelajaran dgn kematian serta MEMBACAKAN AL-QUR’AN UNTUK MAYIT. Karena hal itu BERMANFA’AT UNTUK MAYIT menurut PENDAPAT YANG SAH.

Oleh karenanya HARGAI PERBEDAAN dan jgn merasa PALING BENAR. Wallohu A’lam bish-Showab

1 komentar:

  1. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.

    BalasHapus