MEDIA ONLINE RESMI MAJELIS WAKIL CABANG (WCNU)NU KECAMATAN CIPAYUNG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR

Selasa, 20 Agustus 2024

MENGKROSCEK KITAB TSABAT AL-IMAM IBNU HAJAR AL-HAITAMI

Ada yang berargumentasi bahwa Imam Ibnu Hajar Al-Haitami mengisbatkan nasab Ba'alawi, benarkah demikian? Kita kroscek dulu.

Dalam kitab Tsabatnya Ibnu Hajar Al-Haitami menyebut sanad khirqoh sufiyah Syekh Abu Bakar bin Abdullah Al-Idrus (w. 914). Benarkah dengan ia menyebut sanad itu, Ibnu Hajar mengistbat nasab Ba'alawi?

Dalam kitab Tsabat itu, Ibnu Hajar menyebutkan sanad Abu Bakar bin Abdullah Al-Idrus. Tetapi Ibnu Hajar mengakui bahwa ia tidak pernah bertemu dengan Syekh Abu Bakar tersebut. Beliau mengatakan,

[سَنَدُ الإمام أبي بكر العَيْدَرُوس العَدَني في لبس الخرقة]

لي أيضاً في لبس الخرقة طريقة أخرى في غاية الفخامة، وذلك؛ لأنها عن القُطب الكبير والعلم الشهير السَّيدِ الشَّريف الحسيب النَّسِيب الإمام أبي بكر العيدروس(۱)، الذي قيل في ترجمته: «إنه شيخُ الجن والإنس والملائكة (٢). المدفون بعدن المحروسة، وقبره بها في غاية الجلالة، وعليه وعلى ما حوله من الأبنية النفيسة والقبة العجيبة والتابوتِ

الذي من خشب الصندل الصِّرْف الbغالي؛ ما عليه لوائح الجلال والمهابة ظاهرة، وما نسمع ثَمَّ من كراماته الباهرة، وكذا كانت في حياتِهِ رَضِيَ اللَّه عنه، وهو وإن لم أَلْقَهُ أيضاً لكنّي لَقِيتُ كثيراً من تلامذته (۳) ووَقَعَ بيني وبينهم ما يُجَوِّزُ لي الرواية عنه.

______________

(۱) هو الإمام أبو بكر بن عبد الله العيدروس بن أبي بكر بن عبد الرحمن السقاف باعلوي العَدَيّ (٨٥١-٩١٤ه‍) ، تربى بأبيه بتريم، وأَلْبَسَه الخرقة وأجازه وعمره أربعة عشر سنة، وله إجازات من علماء الآفاق كالحافظ السخاوي، أقام بعدن إلى أن مات، وقد عَدَّه جار الله بن فهد في: «معجمه» من شيوخه في الحديث. أفرد ترجمته الإمام محمد بَحْرَق . انظر : الغُرُر» (ص ٥٧٠) و «قلادة النحر» (٦: ٥٤٣-٥٤٤)

و النور السافر» (ص ٨١-٨٤) والمشرع الرَّوي» (۲): ۷۲-۸۳) و«الكواكب السائرة» (١: ١١٣-١١٤) تحت اسم (أبو بكر الشاذلي العيدروسي).

(۲) وصف المترجم بأنه شيخ للملائكة مبالغة غير مرضية.

(۳) منهم الإمام الوليُّ عبد الله بن شيخ بن الشيخ عبد الله العيدروس (٨٠٧-٩٤٤ هـ)، صَحِبَ عنه أبا بكر العيدروس. قال في «النور السافر» (ص۲۱۰): (وليس منه الخرقة جماعةٌ من أعيان مكة، وذَكَرَ الشيخُ ابن حجر الهيتمي في معجم مشايخه»: أنَّ له في لبس الخرقة جملة طرق يرجع بعضُها إلى العيدروس.

(Sanad Imam Abu Bakar Al-Idrus Al-‘Adani dalam Memakai Khirqah)

Saya juga memiliki cara lain dalam memakai khirqah yang sangat megah, karena berasal dari qutub besar dan ulama terkenal, sayyid yang mulia, keturunan yang terhormat, Imam Abu Bakar Al-Idrus(1), yang dalam biografinya dikatakan: "Dia adalah Syaikh dari jin, manusia, dan malaikat(2). Dimakamkan di Aden yang dilindungi, dan makamnya di sana sangat agung, dikelilingi oleh bangunan-bangunan berharga, kubah yang menakjubkan, dan peti dari kayu cendana murni yang mahal; semuanya memancarkan keagungan dan kewibawaan yang nyata, dan kita mendengar tentang keajaiban-keajaibannya yang luar biasa di sana, sebagaimana juga terjadi semasa hidupnya, semoga Allah meridainya. Meskipun saya tidak sempat bertemu dengannya, namun saya telah bertemu dengan banyak muridnya(3) dan ada kebolehan (kesepakatan) di antara saya dan mereka yang memberi saya izin untuk meriwayatkan darinya." (Tsabat Ibnu Hajar Al-Haitami hal. 195).

______________

(1) Dia adalah Imam Abu Bakar bin Abdullah Al-Idrus bin Abu Bakar bin Abdurrahman As-Saqaf Ba'alawi Al-‘Adani (851-914 H), yang dibesarkan oleh ayahnya di Tarim, dan diberi khirqah serta ijazah saat berusia empat belas tahun. Dia juga mendapatkan ijazah dari ulama-ulama dunia, seperti Al-Hafizh As-Sakhawi. Dia menetap di Aden sampai wafatnya. Jarallah bin Fahd menyebutnya dalam "Mu'jam"-nya sebagai salah satu syaikh dalam hadits. Imam Muhammad Bahraq telah menulis biografinya. Lihat: "Al-Ghurar" (hlm. 570), "Qiladat an-Nahr" (6: 543-544), "An-Nur as-Safir" (hlm. 81-84), "Al-Mashra’ ar-Rawi" (2: 72-83), dan "Al-Kawakib As-Sairah" (1: 113-114) di bawah nama (Abu Bakar Asy-Syadzili Al-Idrusi).

(2) Penggambaran bahwa dia adalah Syaikh malaikat adalah sebuah hiperbola yang tidak tepat.

(3) Di antara mereka adalah Imam wali Abdullah bin Syaikh bin. 

Perhatikan kalimat Ibnu Hajar Al-Haitami ketika ia menyebutkan sanad itu. ia hanya mengutip kalimat Abu Bakar Al-Idrus dengan kalimat: Qola Al-Qutub Abu Bakar Al-Idrus (telah berkata Abu Bakar Al-Idrus). Jadi yang terdapat dalam kitab Ibnu Hajar itu bukan kata-kata Ibnu Hajar Al-Haitami, tetapi kata-kata Abu Bakar Al-Idrus. Ibnu Hajar hanya mengutipnya saja. Kutipan Ibnu Hajar sebagai mana di bawah ini,

ولنختم بطريقة جليلة عالية المقدار؛ لأن مشايخها من أولهم إلى منتهاهم من آل البيت، كل عن أبيه، قال القطب أبو بكر العيدروس لَبِسْتُها من القطب عبد الله العيدروس، من أبيه أبي بكر: وهو أبيه عبد الرحمن السقاف ، وهو من أبيه محمد، من أبيه علي، من أبيه علوي من أبيه الفقيه محمد الذي يتشعب منه أنساب بني علوي ، من أبيه علي ، من أبيه محمد ، من أبيه علي: من أبيه علوي ، من أبيه محمد ، من أبيه علوي من أبيه عبد الله من أبيه أحمد من أبيه عيسى ، من أبيه محمد ، من أبيه علي ، من أبيه جعفر الصادق من أبيه الباقر، من أبيه علي زين العابدين من أبيه سيد الشهداء الحسين، من أبيه علي، من رسول الله ﷺ عدد معلوماته أبداً.

"Dan kita akhiri dengan cara yang mulia dan tinggi derajatnya; karena para syeikh dari awal hingga akhirnya adalah keturunan dari keluarga Nabi (Ahlul Bait). Setiap syeikh menerima dari ayahnya. Qutub Abu Bakar Al-Aydrus berkata, "Aku menerima (kebesaran) ini dari Qutub Abdullah Al-Aydrus, dari ayahnya Abu Bakar, dari ayahnya Abdurrahman As-Saqaf, dari ayahnya Muhammad, dari ayahnya Ali, dari ayahnya Alawi, dari ayahnya Al-Faqih Muhammad yang keturunannya bercabang menjadi Bani Alawi, dari ayahnya Ali, dari ayahnya Muhammad, dari ayahnya Ali, dari ayahnya Alawi, dari ayahnya Muhammad, dari ayahnya Alawi, dari ayahnya Abdullah, dari ayahnya Ahmad, dari ayahnya Isa, dari ayahnya Muhammad, dari ayahnya Ali, dari ayahnya Ja'far Ash-Shadiq, dari ayahnya Al-Baqir, dari ayahnya Ali Zainal Abidin, dari ayahnya Sayyid Asy-Syuhada' Al-Husain, dari ayahnya Ali, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebanyak jumlah pengetahuannya selamanya." (Tsabat Ibnu Hajar Al-Haitami hal.211-213).

Lalu jika kalimat tentang susunan sanad itu bukan ucapan Ibnu Hajar, tetapi ucapanan Abu Bakar al Idrus, dari mana Ibnu Hajar mendapatkannya? Ternyata Syekh Abu Bakar Al-Idrus, menulis sebuah kitab yang berjudul “Al-Juz’u Al-Lathif fi Tahkim Asy-Syarif” . kalimat itu terdapat dalam kitab tersebut.

Silahkan baca cetakan kitab Al-Juz’u Al-Lathif tersebut (halaman 493) yang dicetak dalam satu jilid bersama kitab Syekh Abu Bakar Al-Idrus lainnya, “Diwan Al-Adni”. Dua Kitab itu di cetak oleh Ahmad Muhammad Barokat melalui maktabah Daar As-Sanabil Damaskus dan Al-Hawi Beirut cetakan pertama tahun 1432 H/2011.

قلت : ألبسني شيخي ووالدي ، الشيخ الولي الكامل الفاضل ، قوت الكائنات ، عفيف الدين ، محيي النفوس والدروس ، عبد الله المكنى بالعيدروس بن أبي بكر رضي الله عنه ، كما ألبسه والده الشيخ الكبير أبو بكر, كما ألبسه والده الشيخ ، إمام الحقيقة والطريقة ، عبد الرحمن السكران السقاف ، كما ألبسه والده الشيخ الهمام محمد مولى الدويلة ، كما ألبسه والده الصالح الولي علي ، كما ألبسه والده الولي العارف ، ذو العلوم والمعارف ، الحبر العلامة علوي بن محمد ، كما ألبسه والده قطب الأقطاب ، الفرد الغوث . الجامع بين علمي الشريعة والطريقة ، المتحلّي بثمرات الحقيقة ، القدوة الرحلة في زمنه ، المشهور بالفقيه محمد بن علي، مقدم التربة بتريم حرسها الله تعالى وسائر بلاد الإسلام ، وهو جد آل باعلوي ، ومنه يتشعب نسبهم الشريف ، كما البسه والده علي بن محمد ، كما ألبسه والده صاحب مرباط محمد بن علي ، كم البسه والده خالع قسم علي بن علوي - وعلي بن علوي هذا الذي ذكره الجندي ةالخزرجي واليافعي وحسين الأهدل وجماعةٌ من المؤرخين أنه كان إذا صلَّى .. يكرر السلام على النبي صلى الله عليه وسلم حتى يسمع رد سلامِ جَده عليه أو كما قالوا ، انتهى - كما ألبسه والده علوي بن محمد ، كما ألبسه والده محمد بن علوي ، كما ألبسه والده علوي بن عبيد الله ، كما ألبسه والده عبيد ؟ أحمد ، كما ألبسه والده أحمد بن عيسى ، كما البسه والده عيسى بن محمد ، كما ألبسه والده محمد بن علي العريضي، كما ألبسه والده علي بن جعفر الصادق ، كما ألبسه والده جعفر الصادق ، كما ألبسه والده محمد الباقر ، كما البسه والده علي زين العابدين ، كما ألبسه والده الإمام أمير المؤمنين الحسين بن علي ، كما ألبسه والده الإمام أمير المؤمنين علي بن أبي طالب ، كما ألبسه الله بن رسولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم ، كما ألبسه ربُّ العالمين بواسطة الروح الأمين جبريل عليه السلام ، والحمد لله رب العالمين

Saya (Abu Bakar bin Abdullah Al-Idrus berkata, "Syeikh dan ayahku, sheikh wali yang sempurna, yang mulia, kekuatan makhluk, Afiifuddin, yang menghidupkan jiwa dan ilmu, Abdullah yang dijuluki Al-Aydrus bin Abu Bakar radhiyallahu 'anhu, telah memakaikan kepadaku sebagaimana beliau telah dipakaikan oleh ayahnya, sheikh besar Abu Bakar. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, imam hakikat dan tarekat, Abdurrahman As-Saqaf. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, sheikh yang gagah berani, Muhammad Maula Ad-Dawilah. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya yang saleh, wali Ali. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, wali yang arif, pemilik ilmu dan pengetahuan, cendekiawan besar Alawi bin Muhammad. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, kutub para kutub, individu yang menjadi ghawts, yang menggabungkan antara ilmu syariat dan tarekat, yang dihiasi dengan buah-buah hakikat, teladan yang menjadi rujukan pada masanya, yang dikenal sebagai Al-Faqih Muhammad bin Ali, pemimpin maqam di Tarim, semoga Allah melindunginya dan seluruh negeri Islam. Beliau adalah nenek moyang keluarga Ba'alawi, dari beliaulah nasab mereka yang mulia bercabang. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, Ali bin Muhammad. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, pemilik Mirbat, Muhammad bin Ali. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, Khali' Qasam, Ali bin Alawi. Ali bin Alawi inilah yang disebutkan oleh Al-Jundi, Al-Khazraji, Al-Yafi'i, dan Husain Al-Ahdal serta sekelompok sejarawan bahwa beliau, ketika salat... mengulang-ulang salam kepada Nabi Muhammad Shallallâhu ‘alaihi wa sallam hingga beliau mendengar jawaban salam dari kakeknya, atau sebagaimana yang mereka katakan. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, Alawi bin Muhammad. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, Muhammad bin Alawi. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, Alawi bin Ubaidillah. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, Ubaid? Ahmad. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, Ahmad bin Isa. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, Isa bin Muhammad. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, Muhammad bin Ali Al-‘Ariḍī. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, Ali bin Ja'far As-Sadiq. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, Ja'far As-Sadiq. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, Muhammad Al-Baqir. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, Ali Zain Al-Abidin. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, imam Amirul Mu’minin Husain bin Ali. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh ayahnya, imam Amirul Mu’minin Ali bin Abi Thalib. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana beliau dipakaikan oleh Rabb semesta alam melalui perantara ruh yang terpercaya, Jibril 'alaihissalam. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam." (Al-Juz’u Al-Lathif fi Tahkim Asy-Syarif hal.493). Wallahu a'lam bis-Shawab 🙏🏻

Demikian Asimun Mas'ud At-Tamanmini menyampaikan semoga bermanfaat. Aamiin 

*والله الموفق الى أقوم الطريق*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar