MEDIA ONLINE RESMI MAJELIS WAKIL CABANG (WCNU)NU KECAMATAN CIPAYUNG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR

Rabu, 04 September 2024

KISAH CUCU NABI PALSU "ZAINAB AL-KADZDZAB" DI MASA KHALIFAH AL-MUTAWAKKIL (822-861)

Dalam beberapa kitab diantaranya Bihar Al-Anwar Syeikh Muhammad Baqir Al-Majlisi cet. Ihya' Al-Kutub Al-Islamiyah juz 50 hal. 149-150 memuat kisah tentang "Zainab Al-Kadzdzab" yang mengaku cucu Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, dan untuk membuktikan kebenaran Zainab sebagai cucu nabi ada beberapa cucu Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam di masa pemerintahan Al-Mutawakkil ternyata aman dan selamat dari singa-singa ganas sebagaimana dijelaskan sebagai berikut,

روي أن أبا هاشم الجعفري قال: ظهرت في أيام المتوكل امرأة تدعي أنها زينب بنت فاطمة بنت رسول الله صلى الله عليه وآله فقال المتوكل: أنت امرأة شابة وقد مضى من وقت رسول الله صلى الله عليه وآله ما مضى من السنين، فقالت: إن رسول - الله صلى الله عليه وآله مسح علي وسأل الله أن يرد علي شبابي في كل أربعين سنة، ولم أظهر للناس إلى هذه الغاية فلحقتني الحاجة فصرت إليهم.

فدعا المتوكل مشايخ آل أبي طالب وولد العباس وقريش وعرفهم حالها فروى جماعة وفاة زينب في سنة كذا، فقال لها: ما تقولين في هذه الرواية؟

فقالت: كذب وزور، فان أمري كان مستورا عن الناس فلم يعرف لي حياة ولا موت، فقال لهم المتوكل: هل عندكم حجة على هذه المرأة غير هذه الرواية؟ فقالوا: لا، فقال: هو برئ من العباس إن لا أنزلها عما ادعت إلا بحجة.

قالوا: فأحضر ابن الرضا عليه السلام فلعل عنده شيئا من الحجة غير ما عندنا فبعث إليه فحضر فأخبره بخبر المرأة فقال: كذبت فان زينب توفيت في سنة كذا في شهر كذا في يوم كذا قال: فان هؤلاء قد رووا مثل هذه وقد حلفت أن لا أنزلها إلا بحجة تلزمها.

قال: ولا عليك فههنا حجة تلزمها وتلزم غيرها، قال: وما هي؟ قال: لحوم بني فاطمة محرمة على السباع فأنزلها إلى السباع فان كانت من ولد فاطمة فلا تضرها فقال لها: ما تقولين؟ قالت: إنه يريد قتلي قال: فههنا جماعة من ولد الحسن والحسين عليهما السلام فأنزل من شئت منهم، قال: فوالله لقد تغيرت وجوه الجميع فقال بعض المبغضين: هو يحيل على غيره لم لا يكون هو؟.

فمال المتوكل إلى ذلك رجاء أن يذهب من غير أن يكون له في أمره صنع فقال: يا أبا الحسن لم لا تكون أنت ذلك؟ قال: ذاك إليك قال: فافعل! قال:

أفعل فاتي بسلم وفتح عن السباع وكانت ستة من الأسد فنزل أبو الحسن إليها فلما دخل وجلس صارت الأسود إليه فرمت بأنفسها بين يديه، ومدت بأيديها، ووضعت رؤوسها بين يديه فجعل يمسح على رأس كل واحد منها، ثم يشير إليه بيده إلى الاعتزال فتعتزل ناحية حتى اعتزلت كلها وأقامت بإزائه.

فقال له الوزير: ما هذا صوابا فبادر باخراجه من هناك، قبل أن ينتشر خبره فقال له: يا أبا الحسن ما أردنا بك سوءا وإنما أردنا أن نكون على يقين مما قلت فأحب أن تصعد، فقام وصار إلى السلم وهي حوله تتمسح بثيابه.

فلما وضع رجله على أول درجة التفت إليها وأشار بيده أن ترجع، فرجعت وصعد فقال: كل من زعم أنه من ولد فاطمة فليجلس في ذلك المجلس، فقال لها المتوكل: انزلي، قالت: الله الله ادعيت الباطل، وأنا بنت فلان حملني الضر على ما قلت، قال المتوكل: ألقوها إلى السباع فاستوهبتها والدته

Diceritakan bahwa Abu Hashim Al-Ja'fari berkata: "Pada zaman Al-Mutawakkil, muncul seorang wanita yang mengaku sebagai Zainab binti Fatimah, cucu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Al-Mutawakkil berkata: 'Engkau adalah seorang wanita muda, dan telah berlalu dari zaman Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berapa tahun.' Wanita itu menjawab: 'Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mengusapiku dan memohon kepada Allah agar menjaga kehidupan mudaku setiap empat puluh tahun, dan aku tidak memperlihatkan diriku kepada orang-orang sampai saat ini, tetapi karena kebutuhan mendesak, maka aku harus bertemu dengan mereka.' Al-Mutawakkil memanggil para *masyayikh* dari keluarga Abu Thalib dan keturunan Abbas, serta suku Quraisy, dan menginformasikan kepada mereka tentang keadaannya. Kemudian, dia meminta mereka untuk menyampaikan kabar kematian Zainab pada tahun tersebut. Dia bertanya: 'Apa pendapatmu tentang laporan ini?' Wanita itu menjawab: 'Itu adalah kebohongan dan pemalsuan. Jika urusanku disembunyikan dari orang-orang, maka mereka tidak mengetahui tentang hidupku atau kematiannya.' Al-Mutawakkil berkata kepada mereka: 'Apakah kalian memiliki bukti lain tentang wanita ini selain laporan ini?' Mereka menjawab: 'Tidak.' Dia berkata: 'Dia dibebaskan dari tuduhan Abbas kecuali jika ada bukti lain.'

Mereka berkata: 'Panggil Ibnu Ar-Ridha (Alaihis Salam), mungkin dia memiliki bukti yang tidak kami miliki.' Mereka mengirim pesan kepadanya, dan dia datang. Mereka memberitahunya tentang wanita tersebut. Ibnu Ar-Ridha (Alaihis Salam) berkata: 'Dia berbohong. Zainab meninggal pada tahun ini, pada bulan ini, pada hari ini.' Dia berkata: 'Orang-orang ini telah memberikan laporan semacam ini, dan aku bersumpah bahwa aku tidak akan menjatuhkan hukuman kepadanya kecuali dengan bukti yang lebih kuat.'

Dia berkata: "Tidak apa-apa, karena di sini ada alasan yang mengikatnya dan mengikat orang lain." Dia bertanya: "Apa itu?" Dia menjawab: "Daging dari keturunan Fatimah fadhiyallaha 'anha diharamkan bagi binatang-binatang buas, jadi turunkan dia kepada binatang-binatang buas. Jika dia adalah dari keturunan Fatimah, dia tidak akan dirugikan." Dia berkata kepadanya: "Apa yang kamu katakan?" Dia menjawab: "Dia ingin membunuhku." Dia berkata: "Di sini ada kelompok dari keturunan Al-Hasan dan Al-Husain (Alaihimas Salam), jadi turunkan salah satu dari mereka yang kamu sukai." Dia berkata: "Demi Allah, wajah mereka semua berubah." Beberapa orang yang bermusuhan berkata: "Dia mengalihkan masalah kepada orang lain, mengapa dia tidak menghadapinya sendiri?"

Al-Mutawakkil beralih ke harapan bahwa masalah akan diselesaikan tanpa intervensi darinya, dan dia berkata: "Wahai Abu Al-Hasan, mengapa kamu tidak menjadi orang itu?" Dia berkata: "Itu urusanmu." Dia berkata: "Lakukanlah!" Dia berkata: "Aku akan melakukannya." Dia kemudian datang dengan damai dan membuka pintu bagi binatang-binatang buas. Ada enam singa di sana. Abu Al-Hasan turun ke arah mereka. Ketika dia masuk dan duduk, singa-singa itu datang kepadanya, berbaring di depannya, menyilangkan tangan mereka di depannya, dan menempatkan kepala mereka di depannya. Dia mulai mengelus kepala masing-masing dari mereka, kemudian dia menunjukkan kepadanya untuk pergi, dan mereka pergi satu per satu sampai semuanya pergi dan berdiri di sampingnya.

Menteri berkata kepadanya: "Ini tidak benar, jadi keluarkanlah dia dari sana sebelum berita ini menyebar." Dia berkata kepadanya: "Wahai Abu Al-Hasan, kami tidak bermaksud mencelamu, kami hanya ingin yakin dengan apa yang telah kamu katakan, jadi lebih baik kamu naik." Dia bangkit dan mulai naik, sementara binatang-binatang buas menggosok-gosokkan diri pada pakaiannya.

Ketika dia meletakkan kakinya di tangga pertama, dia memalingkan wajahnya dan menunjuk kepadanya untuk kembali. Dia kembali dan naik lagi. Dia berkata: "Setiap orang yang mengklaim bahwa dia dari keturunan Fatimah, biarkan dia duduk di majlis itu." Al-Mutawakkil berkata kepadanya: "Turunlah." Dia berkata: "Astaghfirullah, kamu menyebut saya dengan dusta, saya adalah putri fulan, kamu telah membebaniku dengan tuduhan palsu." Al-Mutawakkil berkata: "Lepaskanlah dia kepada binatang-binatang buas." Dia kemudian diambil oleh ibunya." (Bihar Al-Anwar Syeikh Muhammad Baqir Al-Majlisi cet. Ihya' Al-Kutub Al-Islamiyah juz 50 hal. 149-150). 

Kesimpulannya, bagi siapapun yang mengaku keturunan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak perlu repot-repot apalagi sampai dituntut untuk tes DNA guna membuktikan kebenaran kepada semua orang, cukup dengan mampu tidaknya menjinakkan binatang buas sebagaimana kisah di masa khalifah Al-Mutawakkil yang dicatat dalam sejarah oleh para ulama. Wallahu a'lam bis-Shawab 🙏 

Demikian Asimun Mas'ud At-Tamanmini menjelaskan semoga bermanfaat. Aamiin 

*والله الموفق الى أقوم الطريق*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar