Bagi sebagian daerah di Indonesia upacara pelepasan calon haji ketika akan bertolak dari rumah menuju embarkasi bukanlah hal lazim. Namun di Kudus dan beberapa daerah lain upacara ini seakan sudah menjadi tradisi turun temurun. Upacara pelepasan calon haji ini digelar dengan mengundang saudara, famili, tetangga dan kenalan walaupun tengah malam karena jadwal berangkatnya ada yang kebetulan lewat tengah malam. Rangkaian acaranya juga berbeda antara satu daerah dengan daerah lain. Namun yang biasa berlaku di Kudus rangkaian acara yang dipandu MC ini adalah sebagai berikut:
- Iftitah al Majlis
- Qira’atul Qur’an
- Shalawat Haji
- Kalimat al Wada’
- Do’a Safar
- Adzan dan Iqamah
- Mushafahah (bersalaman)
Iftitah al Majlis
Ifitah al Majlis diisi dengan membaca surat Al Fatihan secara bersama-sama dengan dipandu oleh seorang kyai atau dipimpin langsung oleh pembawa acara. Sebelum fatihah dibaca petugas Iftitah memulainya dengan tawasul berikut:
اَلْفَاتِحَةُ عَلَى أَنَّ اللهَ يُسَهِّلُ الطَّرِيْقَ لِـ (سبوت ناما جالون حاجي) وَيُقِلُّ التَّعْوِيْقَ وَيُيَسِّرُهُ فِي أَدَاءِ الْمَنَاسِكِ وَسَائِرِ الْعِبَادَاتِ وَيُبَلِّغُهُ إِلَى جَمِيْعِ الآمَالِ وَالْمَقَاصِدِ وَيُقَدِّرُهُ الْعَوْدَ إِلَى أَهْلِهِ فِي صِحَّةٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلاَمَةٍ وَيَجْعَلُ حَجَّهُ حَجًّا مَبْرُوْرًا وَسَعْيَهُ سَعْيًا مَشْكُوْرًا وَذَنْبَهُ ذَنْبًا مَغْفُوْرًا وَأَنَّ اللهَ يَرْزُقُنَا جَمِيْعًا زِيَارَةَ مَكَّةَ وَالْمَدِيْنَِةِ فِي لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ. عَلَى هَذِهِ النِّيَّةِ وَكُلِّ نِيَّةٍ صَالِحَةٍ وَإِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. الْفَاتِحَة
Memulai acara tidak hanya dengan Basmalah saja tapi lengkap beserta ayat berikutnya sampai akhir dari surat al Fatihah dimaksudkan agar acara dapat berjalan dengan lancar dan segala maksud tujuan shahib al hajat (orang yang mempunyai hajat) dikabulkan oleh Allah SWT. Sebagaimana hadits marfu’ dalam kitab al Maqashid al Hasanah:
اَلْفَاتِحَةُ لِمَا قُرِئَتْ لَهُ
“Fatihah itu sesuai dengan niat apa ia dibaca”
Qira’at al Qur’an
Surat yang dibaca Sang Qari harus sesuai dengan momen acara. Biasanya surat yang sering dibaca saat momen pelepasan calon haji adalah surat Al Baqarah ayat 197.
Shalawat Haji
Yang dimaksud shalawat haji adalah rangkaian kalam nadzam yang di dalamnya terdapat bacaan talbiyyah dan shalawat walau pada reffnya adalah bacaan talbiyyah. Sebagian orang ada yang enggan memasukkan shalawat haji dalam rangkaian acara pelepasan ini. Menurut mereka bacaan talbiyah adalah bacaan sunah yang muqayyad (dibatasi waktu) dimulai sejak memakai pakaian ihram sampai hendak memulai thawaf bagi yang umrah atau sampai tahallul awal bagi yang haji. Bagi mereka yang tidak ihram tidak sunahkan dan juga tidak dimakruhkan, sebagaimana hokum shalat tasbih secara berjamaah itu juga tidak sunah dan tidak makruh. Bagi sebagian orang terasa kurang berkesan jika tanpa shalawat haji. Adapun teks shalawat haji adalah sebagai berikut:
لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكْ ۞ لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكْ
لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ لَكْ ۞ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكْ ×2
يَا رَبَّ زَمْزَمْ وَالْمَقَامْ ۞ وَالرُّكْنِ وَالْبَيْتِ الْحَرَامْ
صَلَّى عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامْ ۞ وَالآلِ وَالصَّحْبِ الْكِرَامْ ×2
يَا رَبَّنَا يَا رَبَّنَا ۞ يَا رَبَّنَا يَا رَبَّنَا
يَا رَبَّنَا كُنْ عَوْنَنَا ۞ لِلْحَجِّ بِاْلبَيْتِ الْحَرَامْ ×2
يَا رَبِّ بِالْبَيْتِ الْعَتِيقْ ۞ سَهِّلْ لَنَا حُسْنَ الطَّرِيقْ
وَاجْعَلْ لَنَا خَيْرَ الرَّفِيقْ ۞ حَتَّى نَحُجَّ بِالسَّلاَمْ ×2
يَا رَبِّ صَلِّ وَسَلِّمْ ۞ عَلَى النَّبِي خَيْرِ اْلأَنَامْ
زُرْنَا مَكَّةْ وَإِلَى زَمْزَمْ ۞ مُحَمَّدْ عَلَيْهِ السَّلاَمْ ×2
وَاجْعَلْهُ حَجًّا مَبْرُوْرًا ۞ وَاجْعَلْهُ سَعْيًا مَشْكُوْرًا
بِجَاهِ الْمُصْطَفَى الرَّسُولْ ۞ وَجُدْ بِنَا وَبِالْقَبُولْ ×2
صَلِّ وَسَلِّمْ دَائِمًا ۞ عَلَى النَّبِي خَيْرِ اْلأَنَامْ
وَآلِهِ وَصَحْبِهِ ۞ وَالتَّابِعِيْنَ الْكُمَّلاَ ×2
يَا اللهْ بِهَا يَا اللهْ بِهَا ۞ يَا اللهْ بِحُسْنِ الْخَاتِمَةْ ×3
Kalimat al Wada’
Istilah lain dari Kalimat al Wada’ adalah sambutan tuan rumah. Dalam Kalimat al Wada’ tuan rumah dapat menyampaikan secara langsung kalimat perpisahannya tapi kebanyakan mewakilkannya kepada seorang Kiai sekaligus memberikan sedikit mauidhah atau taushiyah penting bagi calon haji. Inti dari kalimat al wada’ adalah permohonan do’a restu calon haji untuk menjalankan ibadah haji dan istihlal (memohon halal kepada tamu yang hadir atas segala kesalahannya).
Do’a Safar
Ada banyak macam do’a safar. Berikut do’a safar yang dibaca KH. M. Arifin Fanani (25/08/16) saat upacara pelepasan Agus M. Nafis Ilmi di PP. MUS-YQ Putra Kwanaran Kajeksan Kudus:
أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلا نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلا بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلا بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ، (وَلا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ ×3)
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. لإِيلاَفِ قُرَيْشٍ إِيلاَفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ (وَآَمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ ×3)
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ، حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. سُبْحَانَكَ لاَ نُحْصِيْ ثَنَآءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ بِحَقِّ نَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ دُعَاءٍ لاَ يُسْمَعُ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيْفَةُ فِي اْلأَهْلِ وَالْمَالِ. اَللَّهُمَّ اطْوِ عَنَّا اْلأَرْضَ، وَهَوِّنْ عَلَيْنَا السَّفَرَ. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمُنْقَلَبِ، وَمِنْ سُوْءِ الْمَنْظَرِ فِي اْلأَهْلِ وَالْمَالِ وَالْوَلَدِ. اَللَّهُمَّ بِكَ نَسْتَعِيْنُ وَعَلَيْكَ نَتَوَكَّلُ. اَللَّهُمَّ ذَلِّلْ لَنَا صُعُوْبَةَ أُمُوْرِنَا، وَسَهِّلْ عَلَيْنَا مَشَقَّةَ سَفَرِنَا، وَارْزُقْنَا مِنَ الْخَيْرِ أَكْثَرَ مِمَّا نَطْلُبُ، وَاصْرِفْ عَنَّا كُلَّ شَرٍّ. رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَحْفِظُكَ وَنَسْتَوْدِعُكَ أَنْفُسَنَا وَدِيْنَنَا وَأَهْلَنَا وَأَقَارِبَنَا، وكُلَّ مَا أَنْعَمْتَ عَلَيْنَا وَعَلَيْهِمْ بِهِ مِنْ آخِرَةٍ وَدُنْيَا، فَاحْفِظْنَا أَجْمَعِيْنَ مِنْ كُلِّ سُوْءٍ يَا كَرِيْمُ. اَللَّهُمَّ إِلَيْكَ تَوَجَّهْنَا وَبِكَ اعْتَصَمْنَا. اَللَّهُمَّ اكْفِنَا مَا هَمَّنَا وَمَا لاَ نَهْتَمُّ لَهُ. اَللَّهُمَّ زَوِّدْنَا التَّقْوَى وَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَوَجِّهْنَا لِلْخَيْرِ اَيْنَمَا تَوَجَّهْنَا. بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْنَا عَلَى اللهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ أَنْ نَضِلَّ أَوْ نُضَلَّ أَوْ نَذِلَّ أَوْ نُذَلَّ أَوْ نَظْلِمَ أَوْ نُظْلَمَ أَوْ نَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلُ عَلَيْنَا. رَبِّ أَدْخِلْنِيْ مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِيْ مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِيْ مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَة وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ. دَخَلْنَا فِيْ كَنَفِ اللهِ وَتَحَصَّنَّا بِحِصْنِ اللهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ. حَسْبُنَا اللهُ كُفِيْنَا، وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وُقِيْنَا، وَنِعْمَ النَّصِيْرُ هُدِيْنَا. اَللَّهُمَّ يَسِّرْ لَنَا وَيَسِّرْ لَهُ زِيَارَةَ حَرَمِكَ وَحَرَمِ رَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. اَللَّهُمَّ ارْزُقْنَا وَإِيَّاهُ زِيَارَةَ بَيْتِكَ الْحَرَامِ، وَزِيَارَةَ قَبْرِ نَبِيِّكَ عَلَيْهِمْ أَفْضَلُ الصَّلاَةِ وَالسَّلاَمِ، فِيْ لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلاَمَةٍ وَبُلُوْغَ الْمَرَامِ، بِفَضْلِكَ وَجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ يَا أَكْرَمَ اْلأَكْرَمِيْنَ، وَيَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. اَللَّهُمَّ اكْتُبِ السَّلاَمَةَ وَاْلعَافِيَةَ عَلَيْنَا وَالْحُجَّاجَ وَالْغُزَّاةَ وَالْمُسَافِرِيْنَ وَالْمُقِيْمِيْنَ، فِي بَرِّكَ وَبَحْرِكَ مِنْ أُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْمَعِيْنَ. اَللَّهُمَّ اجْعَلْ حَجَّنَا وَحَجَّهُ حَجًّا مَبْرُوْرًا وَسَعْيًا مَشْكُوْرًا وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا وَعَمَلاً صَالِحًا مَقْبُوْلاً وَتِجَارَةً لَنْ تَبُوْرَ، يَا عَزِيْزُ يَا غَفُوْرُ. يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ اْلعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. تَقَبَّلْ دُعَاءَنَا بِسِرِّ الْفَاتِحَةِ.
Adzan dan Iqamah
Selesai do’a dibacakan calon haji berdiri menghadap kiblat dan petugas adzan berdiri di belakangnya mengumandangkan adzan dan iqamah. Lafadz adzan dan iqamah yang dikumandangkan sebagaimana adzan iqamah yang biasa dilafadzkan ketika hendak shalat. Dalam Fiqh al Islam Juz I hal. 635:
“Pada dasarnya adzan hanya disyariatkan untuk tanda akan shalat. Hanya saja terkadang disunahkan juga untuk selain shalat dengan tujuan mengharap keberkahan, sebagai pelipur dan menyingkirkan hal-hal yang tidak disukai. Ulama yang menilai adzan dapat dipergunakan semacam ini adalah ulama syafi’iyyah. Mereka berpendapat; Disunahkan adzan pada telinga bayi saat ia dilahirkan, di telinga orang yang kesusahan karena dapat menghilangkan rasa gelisahnya, orang yang hendak bepergian, saat kebakaran, saat perang berkecamuk, saat terdapat gangguan jin, saat tersesat dalam perjalanan, orang yang ayan, orang atau hewan yang buruk perangainya dan saat mayat diturunkan dalam kubur dengan mengqiyaskan adzan saat awal ia lahir di dunia.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar