MEDIA ONLINE RESMI MAJELIS WAKIL CABANG (WCNU)NU KECAMATAN CIPAYUNG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR

Selasa, 11 September 2018

SULAMUT TAUFIQ; NAJIS DAN MENGHILANGKANNYA

Syarat Agar Shalat Diterima Allah

Syarat Agar Shalat Diterima Allah
Syarat Agar Shalat Diterima Allah

Terjemah Sullamut Taufiq di Laman ini membahas tentang Shalat dari syarat, rukun/fardhu, dan pembatal shalat. Termasuk tentang najis dan cara menghilangkan najis ainiyah dan hukmiyah.

Nama kitab: Terjemah Sullamut Taufiq ila Mahabbatillah alat Tahqiq
Penulis: Abdullah bin Husain bin Tohir Ba Alawi Al-Hadhromi Al-Syafi'i (1191-1272 HB/-1777 M)
Penerjemah: A. Fatih Syuhud
Bidang studi: Aqidah, Tasawuf dan Fiqih madzhab Syafi'i

فَصْلٌ : في النَّجاسَةِ وإزالَتِها

ومِنْ شُرُوطِ الصَّلاةِ الطَّهارَةُ عَنِ النَّجاسَةِ: في البَدَنِ، والثَّوْبِ، والمَكانِ، والمَحْمُولِ له، [كَقِنِّينَةٍ أو مِنْدِيلٍ، في يَدِهِ أو جَيْبِهِ]، فَإنْ لاقاهُ نَجِسٌ أو لاقَى ثِيابَهُ أو مَحْمُولَهُ بَطَلَتْ صَلاتُهُ إلّا أنْ يُلْقِيَهُ حالًا، أو يَكُونَ مَعْفُوًّا عَنْهُ كَدَمِ جُرْحِهِ.

ويَجِبُ إزالَةُ نَجِسٍ لم يُعْفَ عَنْهُ، [وذٰلك]: [في النَّجاسَةِ العَيْنِيَّةِ]: بِإزالَةِ العَيْنِ، مِنْ طَعْمٍ ولَوْنٍ ورِيحٍ [وحَجْمٍ]، بِالماءِ المُطَهِّرِ، و[في النَّجاسَةِ] الحُكْمِيَّةِ [أي الَّتِي لا يُدْرَكُ لَها حَجْمٌ ولا لَوْنٌ ولا طَعْمٌ ولا رِيحٌ]: بِجَرْيِ الماءِ [المُطَهِّرِ مَرَّةً] عليها، و[في النَّجاسَةِ] الكَلْبِيَّةِ: بِغَسْلِها سَبْعًا [بِالماءِ المُطَهِّرِ]، إحْداهُنَّ مَمْزُوجَةٌ [أي مُكَدَّرَةٌ] بِالتُّرابِ؛ والمُزِيلَةُ لِلْعَيْنِ وإنْ تَعَدَّدَتْ واحِدَةٌ، ويُشْتَرَطُ [في التَّطْهِيرِ مِنَ النَّجاسَةِ] وُرُودُ الماءِ [عليها] إنْ كانَ قَلِيلًا [أي دُونَ القُلَّتَيْنِ].

فَصْلٌ : في شُرُوطٍ أُخْرَى لِلصَّلاةِ

ومِنْ شُرُوطِ الصَّلاةِ: اسْتِقْبالُ القِبْلَةِ، ودُخُولُ الوَقْتِ، والإسْلامُ، والتَّمْيِيزُ، والعِلْمُ بِفَرْضِيَّتِها [إذا كانَتْ صَلاةً مَفْرُوضَةً]، وأنْ لا يَعْتَقِدَ فَرْضًا مِنْ فُرُوضِها سُنَّةً، والسَّتْرُ بِما يَسْتُرُ لَوْنَ البَشَرَةِ لِجَمِيعِ بَدَنِ الحُرَّةِ إلّا الوَجْهَ والكَفَّيْنِ، وسَتْرُ ما بَيْنَ السُّرَّةِ والرُّكْبَةِ لِلذَّكَرِ والأَمَةِ، مِنْ كُلِّ الجَوانِبِ لا الأَسْفَلِ.

فَصْلٌ : في مُبْطِلاتِ الصَّلاةِ

وتَبْطُلُ الصَّلاةُ: بِالكَلامِ ولو بِحَرْفَيْنِ [غَيْرِ مُفْهِمَيْنِ] أو بِحَرْفٍ مُفْهِمٍ، إلّا إنْ نَسِيَ وقَلَّ، وبِالأَفْعالِ الكَثِيرَةِ المُتَوالِيَةِ [أو مَعًا]، كَثَلاثِ حَرَكاتٍ، [ولو ناسِيًا]، وبِالحَرَكَةِ المُفْرِطَةِ [كَوَثْبَةٍ، ولو ناسِيًا]، وبِزِيادَةِ رُكْنٍ فِعْليٍّ [عَمْدًا]، وبِالحَرَكَةِ الواحِدَةِ لِلَّعِبِ [ولو خَفِيفَةً]، وبِالأَكْلِ والشُّرْبِ، إلّا إنْ نَسِيَ وقَلَّ، وبِنِيَّةِ قَطْعِ الصَّلاةِ، وبِتَعْلِيقِ
قَطْعِها [على أَمْرٍ ما]، وبِالتَّرَدُّدِ فيه [أي في قَطْعِها] ، وبأنْ يَمْضِيَ رُكْنٌ مَعَ الشَّكِّ في نِيَّةِ التَّحَرُّمِ، أو يَطُولَ زَمَنُ الشَّكِّ، [وبِتَغْيِيرِ النِّيَّةِ، كَأَنْ قَلَبَ فَرْضًا نَفْلًا وعَكْسُهُ، إلّا لِعُذْرٍ شَرْعِيٍّ].

فَصْلٌ : في شُرُوطِ قَبُولِ الصَّلاةِ

وشُرِطَ، مَعَ ما مَرَّ [مِنْ شُرُوطِ صِحَّةِ الصَّلاةِ]، لِقَبُولِها عِنْدَ اللهِ سُبْحانَهُ وتَعالى [أي نَيْلِ ثَوابِها ودَرَجاتِها]: أنْ يَقْصِدَ بِها وَجْهَ اللهِ وَحْدَهُ [أي وِجْهَةَ طاعَةِ اللهِ] ، وأنْ يَكُونَ مَأْكَلُهُ ومَلْبُوسُهُ ومُصَلّاهُ حَلالًا، وأنْ يُحضِرَ قَلْبَهُ فيها [بِأَنْ يَخْشَعَ قَلْبُهُ للهِ ولَوْ لَحْظَةً]، فَلَيْسَ لَهُ مِنْ صَلاتِهِ إلّا ما عَقَلَ [أي وَعَى]، وأنْ لا يُعْجَبَ بِها. [ومَعْنَى صِحَّةِ الصَّلاةِ دُونَ قَبُولِها، أنْ تَسْقُطَ عنه المُطالَبَةُ بِها دُونَ أنْ يَنالَ ثَوابَها الخاصَّ.]

فَصْلٌ : في أَرْكانِ الصَّلاةِ

أَرْكانُ الصَّلاةِ سَبْعَةَ عَشَرَ رُكْنًا: الأوَّلُ: نِيَّةٌ بِالقَلْبِ [لِفِعْلِ الصَّلاةِ]، ويُعَيِّنُ ذاتَ السَّبَبِ والوَقْتِ، ويَنْوِي الفَرْضِيَّةَ في الفَرْضِ، [ومِثالُ النِّيَّةِ الكافِيَةِ أنْ يَنْوِيَ قائِلًا في ذِهْنِهِ: "أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِ"] ، [الثّانِي]: ويَقُولُ [بِلِسانِهِ]، بِحَيْثُ يُسْمِعُ نَفْسَهُ كَكُلِّ رُكْنٍ قَوْليٍّ: "اللهُ أَكْبَر"، [مَعَ اسْتِحْضارِ النِّيَّةِ بِقَلْبِهِ]، وهو ثانِي أرْكانِها، الثّالِثُ: القِيامُ في الفَرْضِ لِلْقادِرِ، الرّابِعُ: قِراءَةُ الفاتِحَةِ، بِالبَسْمَلَةِ، والتَّشْدِيداتِ، ومُوالاتِها، وتَرْتِيبِها، وإخْراجِ الحُرُوفِ مِنْ مَخارِجِها، وعَدَمِ اللَّحْنِ [أيْ الخَطَأِ في الحَرَكاتِ] المُخِلِّ بِالمَعْنَى، ويَحْرُمُ اللَّحْنُ الَّذِي لا يُخِلُّ [إذا تَعَمَّدَهُ]، ولا يُبْطِلُ، الخامِسُ: الرُّكُوعُ بِأنْ يَنْحَنِيَ بِحَيْثُ تَنالُ راحَتاهُ رُكْبَتَيْهِ، السّادِسُ: الطُّمَأْنِينَةُ فيه بِقَدْرِ سُبْحانَ اللهِ، السّابِعُ: الاعْتِدالُ بِأنْ يَنْتَصِبَ قائِمًا، الثّامِنُ: الطُّمَأْنِينَةُ فيه، التّاسِعُ: السُّجُودُ مَرَّتَيْنِ بِأنْ يَضَعَ جَبْهَتَهُ [ولَوْ بَعْضَها] على مُصَلّاهُ مَكْشُوفَةً ومُتَثاقِلًا بِها ومُنَكِّسًا [أيْ جاعِلًا أَسْفَلَهُ أَعْلَى مِنْ أَعْلاهُ]، ويَضَعَ شَيْئًا مِنْ رُكْبَتَيْهِ، ومِنْ بُطُونِ كَفَّيْهِ، ومِنْ بُطُونِ أَصابِعِ رِجْلَيْهِ،

العاشِرُ: الطُّمَأْنِينَةُ فيه، الحادِي عَشَرَ: الجُلُوسُ بين السَّجْدَتَيْنِ، الثانِي عَشَرَ: الطُّمَأْنِينَةُ فيه، الثّالِثَ عَشَرَ: الجُلُوسُ، لِلتَّشَهُّدِ الأَخِيرِ وما بَعْدَهُ، الرّابِعَ عَشَرَ: التَّشَهُّدُ الأَخِيرُ، فَـ[ـأَكْمَلُهُ أَنْ] يَقُولَ: "التَّحِيّاتُ المُبارَكاتُ الصَّلَواتُ الطَّيِّباتُ للهِ، السَّلامُ عَلَيْكَ أيُّها النَّبِيُّ ورَحْمَةُ اللهِ وبَرَكاتُهُ، السَّلامُ عَلَيْنا وعلى عِبادِ اللهِ الصّالِحينَ، أَشْهَدُ أَنْ لا إلٰهَ إلّا اللهُ وأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ"، الخامِسَ عَشَرَ: الصَّلاةُ على النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عليه وسَلَّمَ، [و]أَقَلُّها: "اللّٰهُمَّ صَلِّ على مُحَمَّدٍ"، السّادِسَ عَشَرَ: السَّلامُ، [و]أَقَلُّهُ: "السَّلامُ عَلَيْكُمْ"، السّابِعَ عَشَرَ: التَّرْتِيبُ، فَإِنْ تَعَمَّدَ تَرْكَهُ، كَأَنْ سَجَدَ قَبْلَ رُكُوعِهِ بَطَلَتْ، وإِنْ سَها [كأنْ تَرَكَ الرُّكُوعَ] فَلْيَعُدْ إليه إلّا أنْ يَكُونَ في مِثْلِهِ أو بَعْدَهُ، فَتَتِمُّ بِهِ رَكْعَتُهُ، ولَغا ما سَها بِهِ. 

Pasal: Najis dan Cara Menghilangkan

Sebagian syarat shalat adalah suci dari najis di badan, baju dan tempat dan barang yang dibawa seperti saputangan di tangan atau saku. Apabila bertemu najis atau menyentuh bajunya atau barang yang dibawanya maka batal shalatnya kecuali kalau langsung dilempar atau najisnya dimaafkan (makfu) seperti darah lukanya.

Wajib menghilangkan najis yang tidak dimaafkan yakni najis ainiyah dengan menghilangkan bendanya dari rasa warna dan bau dengan menyiramkan air yang menyucikan. Sedangkan dalam najis hukmiyah yakni najis yang tidak terlihat benda, warna, rasa dan baunya dengan cara mengalirkan air yang menyucikan satu kali. Dalam najis anjing dibasuh dengan air tujuh kali salah satunya dicampur dengan tanah (debu) yang suci yang menghilangkan bendanya najis sekalipun terhitung satu kali. Dan disyaratkan sampainya air apabila air sedikit yakni kurang dua kulah. 

Pasal: Syarat Lain Shalat

Termasuk syarat shalat adalah menghadap kiblat, masuknya waktu, Islam, tamyiz, tahu atas wajibnya shalat (apabila shalat fardhu), tidak boleh meyakini yang fardhu sebagai sunnah, menutupi seluruh badan dengan kain yang menutupi warna kulit kecuali wajah dan telapak tangan, menutupi tubuh antara pusar dan lutut bagi laki-laki dan budak amat dari segala arah kecuali bawah.

Pasal: Pembatal Shalat

Shalat batal karena berbicara walaupun dengan dua huruf (kata) yang tidak bisa dimengerti atau dengan satu huruf (kata) yang dimengerti, kecuali apabila lupa dan sedikit dan dengan gerakan yang banyak yang berturut-turut atau bersamaan seperti tiga gerakan walaupun lupa. Dan dengan gerakan yang melebihi batas walaupun lupa. Dan karena tambahan rukun fi'li yang disengaja, dan karena gerakan satu untuk main-main walaupun ringan, makan dan minum kecuali apabila lupa dan sediit, karena niat memutus shalat, menghubungkan memutuskan shalat atas perkara apapun, karena ragu-ragu dalam memutuskan shalat, berlalunya satu rukun disertai ragu dalam nikat taharum, atau panjangnya masa ragu, juga karena perubahan niat seperti merubah fardhu menjadi sunnah atau sebaliknya kecuali karena udzur syar'i.

Pasal: Syarat Diterimanya Shalat

Disyaratkan selain yang sudah disebut dari syarat sahnya shalat untuk diterimanya shalat di sisi Allah yakni untuk memperoleh pahala dan derajat shalat yaitu harus bermaksud karena Allah semata yakni semata taat pada Allah. Makanan, baju dan tempat shalat harus halal. Hatinya hadir dalam shalat yakni hatinya khusyuk pada Allah walaupun sebentar. Maka shalatnya itu tergantung dari yang dia fikirkan. Dan hendaknya tidak ujub (sombong) pada shalatnya. Makna sahnya shalat, bukan diterimanya shalat, adalah gugurnya tuntutan shalat dari orang tersebut bukan mendapatkan pahala shalat yang khusus.

Pasal: Rukun Shalat

Rukun shalat ada 17: Pertama, niat dengan hati untuk melakukan shalat menentukan sebab dan waktu dan berniat fardhu untuk shalat fardhu. Contoh niat yang sah adalah niat dalam hatinya "Aku shalat fardhu Zhuhur". Kedua, berkata secara lisan sekiranya dapat didengar sendiri sebagaimana setiap rukun qauli (ucapan) yang lain ucapan "Allahu Akbar" disertai menghadirkan niat dalam hati. Ini rukun kedua. Ketiga, Berdiri dalam shalat fardhu bagi yang kuasa. Keempat, membaca Al Fatihah dengan basmalah dan tasydid dengan segera dan urut dan mengeluarkan bunyi huruf sesuai makhrajnya dan tidak lahan yakni salah harkat yang merubah makna. Haram lahan yang tidak merusak maka apabila sengaja tapi tidak membatalkan shalat. Kelima, rukuk dengan cara membungkuk sekiranya kedua telapak tangan menyentuh lutut. Keenam, tumakninah dalam rukuk dengan sekadar membaca "subnahallah". Ketujuh, i'tidal yaitu bangun setelah rukuk. Kedelapan, tuma'ninah dalam i'tidal. Kesembilan, sujud dua kali dengan menaruh jidat atau dahi walaupun sebagian pada tempat shalat secara terbuka. Kesepuluh, tumakninah dalam sujud.

Kesebelas, duduk di antara dua sujud. Keduabelas, tumakninah dalam sujud. Ketigabelas, duduk untuk tasyahud atau tahiyat akhir dan yang setelahnya. Keempatbelas, tahiyat akhir. Ucapan tahiyat akhir paling sempurna adalah: "التَّحِيّاتُ المُبارَكاتُ الصَّلَواتُ الطَّيِّباتُ للهِ، السَّلامُ عَلَيْكَ أيُّها النَّبِيُّ ورَحْمَةُ اللهِ وبَرَكاتُهُ، السَّلامُ عَلَيْنا وعلى عِبادِ اللهِ الصّالِحينَ، أَشْهَدُ أَنْ لا إلٰهَ إلّا اللهُ وأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ" Kelimabelas, membaca shalawat pada Nabi. Paling sedikit bacaan shalawat adalah: "اللّٰهُمَّ صَلِّ على مُحَمَّدٍ" Keenambelas, salam. Paling sedikit ucapan salam adalah "السَّلامُ عَلَيْكُمْ" Ketujuhbelas, tertib atau urut. Apabila sengaja meninggalkan tertib, seperti sujud sebelum rukuk maka batal shalatnya. Apabila lupa seperti tidak rukuk, maka hendaknya ia mengulanginya kecuali apabila ia dalam perbuatan yang sama atau setelahnya maka hendaknya ia menyempurnakan rakaatnya dan sia-sia rakaat yang dia ada yang terlupa sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar