MEDIA ONLINE RESMI MAJELIS WAKIL CABANG (WCNU)NU KECAMATAN CIPAYUNG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR

Rabu, 21 Februari 2018

KAJIAN TENTANG KENAPA IBLIS MEMUJI SETAN?


Berdasarkan hadits Nabi, lokasi istana Iblis berada di tengah lautan. Bahkan disebut-sebut layaknya Arasy di atas air. Dari sanalah mereka mengendalikan seluruh aktivitas penyesatan terhadap umat manusia. Seperti apa? Berikut ringkasannya.  

Markas besar iblis berada di tengah-tengah samudra. Mereka memilih lautan karena luasnya yang mencapai tiga perempat dari luas bumi. Iblis membangunnya dengan tujuan untuk menandingi Arasy (singgasana) Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Layaknya sebuah kerajaan, Istana Iblis ini juga dipenuhi dengan pengawal dan pengikut-pengikutnya.  Iblis mengatur kejahatan dan kemaksiatan dari istananya ini. Kemudian mengirim bala tentaranya menuju daratan untuk menjalankan aksi menggoda manusia.

عن جَابِرٍ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ( إِنَّ إِبْلِيسَ يَضَعُ عَرْشَهُ عَلَى الْمَاءِ ثُمَّ يَبْعَثُ سَرَايَاهُ فَأَدْنَاهُمْ مِنْهُ مَنْزِلَةً أَعْظَمُهُمْ فِتْنَةً يَجِيءُ أَحَدُهُمْ فَيَقُولُ فَعَلْتُ كَذَا وَكَذَا فَيَقُولُ مَا صَنَعْتَ شَيْئًا قَالَ ثُمَّ يَجِيءُ أَحَدُهُمْ فَيَقُولُ مَا تَرَكْتُهُ حَتَّى فَرَّقْتُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ امْرَأَتِهِ قَالَ فَيُدْنِيهِ مِنْهُ وَيَقُولُ نِعْمَ أَنْتَ ) مسلم 5023

“Dari Jabir, Nabi ‘alaihis shalatu was salam bersabda, “Sesungguhnya iblis singgasananya berada di atas laut. Dia mengutus para pasukannya. Setan yang paling dekat kedudukannya adalah yang paling besar godaannya. Di antara mereka ada yang melapor, ‘Saya telah melakukan godaan ini.’ Iblis berkomentar, ‘Kamu belum melakukan apa-apa.’ Datang yang lain melaporkan, ‘Saya menggoda seseorang, sehingga ketika saya meninggalkannya, dia telah bepisah (talak) dengan istrinya.’ Kemudian iblis mengajaknya untuk duduk di dekatnya dan berkata, ‘Sebaik-baik setan adalah kamu." (HR. Muslim 5023)

*Faidah hadits:*

1. Dalam hadits ini, iblis memuji dan berterima kasih atas jasa tentaranya yang telah berhasil menggoda manusia, sehingga keduanya bercerai tanpa sebab yang dianggap dalam syariat. Ini menunjukkan bahwa perceraian suami istri termasuk diantara perbuatan yang disukai iblis.

2. Iblis menjadikan singgasananya di atas laut untuk menandingi Arsy Allah Ta’ala, yang berada di atas air dan di atas langit ketujuh.

3. Pada dasarnya talak adalah perbuatan yang dihalalkan. Akan tetapi, perbuatan ini disenangi iblis, karena perceraian memberikan dampak buruk yang besar bagi kehidupan manusia. Terutama terkait dengan anak dan keturunan. Oleh karena itu, salah satu diantara dampak negatif sihir yang Allah sebutkan dalam al-Qur’an adalah memisahkan antara suami dan istri. Allah berfirman,

فَيَتَعَلَّمُونَ مِنْهُمَا مَا يُفَرِّقُونَ بِهِ بَيْنَ الْمَرْءِ وَزَوْجِه

“Mereka belajar dari keduanya (harut dan marut) ilmu sihir yang bisa digunakan
untuk memisahkan seseorang dengan istrinya.” (QS. Al-Baqarah: 102).

Dalam riwayat lain disebutkan,

عن أبي موسى الأشعري عن النبي قال: ((إذا أصبح إبليس بثّ جنوده، فيقول: من أضل اليوم مسلمًا ألبسته التاج، فيجيء أحدهم فيقول: لم أزل به حتى عق والده، فقال: يوشك أن يبرّه، ويجيء أحدهم فيقول: لم أزل به حتى طلّق امرأته، فيقول: يوشك أن يتزوج، ويجيء أحدهم فيقول: لم أزل به حتى أشرك، فيقول: أنت أنت، ويجيء أحدهم فيقول: لم أزل به حتى قتل، (وفي رواية بن أبي شيبة: فيقول احدهم: لم أزل به حتى شرب ، قال : أنت ، قال : لم أزل به حتى زنى), فيقول: أنت أنت، ويلبسه التاج)). (رواه ابن حبان والحاكم وبن ابي شيبة والروياني وصححه الحاكم)

Dari Abu Musa Al-Asy'ari Radhiyallahu Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam: "Setiap pagi hari Iblis memyiarkan seruan kepada tentara-tentaranya (dari kalangan jin) Seraya menyeru; (Wahai tentara-tentaraku) Barangsiapa yang mampu menyesatkan orang-orang muslim di hari ini, maka aku akan beri Hadiah berupa mahkota..!!! (saat itu menyebarlah tentara-tentaranya ke penjuru bumi), Tatkala mereka berhasil, maka datanglah pasukan pertama: Saya berhasil menggoda manusia sampai ia durhaka kepada kedua orang tuanya. Lalu iblis menjawab: (belum) Sebentar lagi ia akan berbuat baik lagi kepada orang tuanya.
Kemudian datanglah pasukan yang kedua: Saya telah berhasil menggoda manusia supaya ia menceraikan istri nya..!!, Lalu iblis menjawab: (belum), sebentar lagi ia akan merujuknya/menikah lagi. Kemudian datang pasukan yang ketiga: Saya berhasil menggoda manusia supaya berbuat syirik..!! Lalu iblis menjawab: "kamu berhasil, kamu berhasil". Lalu datang pasukan yang ke empat: "Saya berhasil menggoda manusia supaya ia melakukan pembunuhan" Lalu iblis menjawab: "ya, kamu berhasil."

(Dalam riwayat ibnu Abi syaibah di sebutkan: Kemudian datang lagi pasukan yang ke Lima: Saya berhasil menggoda manusia sehingga ia minuman minuman keras..!!, Lalu iblis menjawab: ya, "kamu berhasil".

Kemudian datang pasukan yang ke enam: "saya berhasil menggoda manusia sehingga ia berzina". Lalu iblis menjawab: "ya, kamu berhasil" setelah itu iblis membagi-bagi hadiah kepada pasukan yang berhasil." (HR ibnu Hibban, Al-Hakim, ibnu Abi Syaibah, Ar-ruyani, dll. Di shahihkan oleh imam Al-Hakim, Adz-Dzahabi, Al-Arna'ut, Al-Albani. (As-shahihah: (1280), shahih Targhib Wa Tarhib: 2449).

Hadits – Hadits diatas sesuai dalam Ayat Al-Qur'an:

إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ (6)  

"Sesungguhnya syetan (iblis dan para sekutu-sekutunya) adalah musuh kalian (wahai manusia), maka jadikan lah mereka sebagai musuh, sesungguhnya mereka mengajak manusia supaya sama-sama menjadi penghuni Neraka Sa'ir". (QS. Fathir : 6)

Dari sini jelaslah tentang keberhasilan-keberhasilan yang dilakukan oleh iblis dan tentara-tentaranya.
Maka dari itu hendaklah kita berusaha untuk sungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah, tinggalkanlah perbuatan maksiat, pelajari ilmu agama yang haq, dan senantiasa berlindung kepada Allah dari godaan syetan agar selamat dari upaya jahat yang dilakukannya. Wallahu a'lam

Demikian Asimun Ibnu Mas'ud menyampaikan semoga bermanfa'at. Aamiin

*والله الموفق الى أقوم الطريق*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar