MEDIA ONLINE RESMI MAJELIS WAKIL CABANG (WCNU)NU KECAMATAN CIPAYUNG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR

Sabtu, 22 Oktober 2011

MUHAMMAD BIN ABDUL WAHHAB MEMAKAI HADITS DHO’IF



مختصر زاد المعاد لابن قيم الجوزية (مطبوع ضمن مؤلفات الشيخ محمد بن عبد الوهاب، الجزء الخامس)

ص -17- فصل: في هديه ـ صلّى الله عليه وسلّم ـ في الصّلاة
كان ـ صلّى الله عليه وسلّم ـ إذا قام إلى الصّلاة قال: الله أكبر، ولم يقل شيئاً قبلها، ولا تلفّظ بالنّية، ولا استحبّه أحد من التّابعين ولا الأئمة الأربعة.

وكان دأبه في إحرامه لفظة: (الله أكبر) لا غيرها. وكان يرفع يديه معها ممدودتي الأصابع مستقبلاً بهما القبلة إلى فروع أُذنيه، ورويَ إلى منكبَيْه، ثم يضع اليمنى على ظهر اليسرى [فوق الرّسغ والسّاعد، ولم يصحّ عنه موضع وضعهما، لكن ذكر أبو داود عن عليّ: "من السّنة وضع الكفّ على الكفّ في الصّلاة تحت السّرة"]1.

1 زيادة من المؤلِّف على (زاد المعاد) وهذا الحديث ضعيف. وانظر: نيل الأوطار 2/207-211.
قال أحمد: أذهب إلى ما روي عن عمر، ولو أنّ رجلاً استفتح ببعض ما روي عن النّبِيّ ـ صلّى الله عليه وسلّم ـ كان حسناً.

ص -19- وكان يقول بعد ذلك: "أعوذ بالله من الشّيطان الرّجيم"، ثم يقرأ الفاتحة.
وكان يجهر بـ: (بسم الله الرّحمن الرّحيم) تارةً، ويخفيها أكثر.

Kitab Muhtashor Zaad Al-Ma’ad Ibu Qoyyim Al-Jauziyah (Ringkasan Zadul Ma’ad Penulis Muhammad bin Abdul Wahhab juz: 5)

Hal: -17- Pasal: Tentang petunjuk Nabi Shollallohu ‘alai wa sallam mengenahi sholat.

Adalah Rosululloh Shollallohu ‘alai wa sallam ketika telah berdiri untuk mengerjakan sholat beliau mengucapkan: “Allohu Akbar,” dan tdk mengucapkan sesuatu sebelumnya, dan tdk jg melafazhkan niat, dan tdk seorang pun menyukainya dari para tabi’in dan tdk pula imam madzhab yg empat.

Dan Adalah [Rosululloh] memulai takbirotul ihromnya dgn lafazh (Allohu Akbar) tdk dgn yg lainnya, dan adalah [Rosululloh] mengangkat kedua tangannya bersamaan dgn merenggangkan jari-jarinya menghadap kiblat sampai sekitar kedua telinganya, dan diriwayatkan sejajar dgn bahunya, kemudian meletakkan tangan kanannya diatas punggung tangan kirinya [diatas pergelangan tangan dan tdk dibenarkan dari tempat dan cara meletakkan keduanya, tetapi Abu Daud menyebutkan dari sahabat Ali ra. “Termasuk dari sunnah adalah meletakkan telapak tangan diatas telapak tangan di dalam sholat diatas pusar.” (1)

(1) Tambahan dari penulis [Muhammad bin Abdul Wahhab-pen] atas (Zaad Al-Ma’ad) dan ini hadits dho’if, dan lihatlah Nail Al-Author juz: 2 hal: 207-211

Imam Ahmad bin Hanbal berkata: Aku mengikuti riwayat dari Umar ra. dan sesungguhnya jika seorang laki2 memulai [membaca do’a istiftah dlm sholatnya-pen] dgn sebagian yg telah diriwayatkan dari Nabi Shollallohu ‘alai wa sallam adalah baik.

Hal: -19- Dan adalah [Rosululloh] setelah itu [do’a istiftah-pen] mengucapkan: “A’udzu billahi minasy syaithonirrojim” (Aku berlindung kpd Alloh dari godaan setan yg terkutuk) kemudian membaca fatihah. Dan adalah [Rosululloh] menjaherkan [membaca dgn keras] bacaan (bismillahirrohmanirrohim) sekali waktu dan kebanyakan Rosul membacanya dgn samar. Wallohu a’lam bish-Showab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar