Kamis, 23 Desember 2021

KAJIAN TENTANG HUKUM BACAAN AL-QUR'AN DI KUBURAN

Ada sementara pendapat yang meyakini bahwa bacaan Al-Qur'an di kuburan tidak ada tuntunannya karena tidak ada riwayat bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabat tidak pernah melakukannya. Benarkan anggapan yang demikian itu?

Didalam kitab Fathul Qadir diriwayatkan sebuah hadits dari Ali bin Abi Thalib, dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam beliau bersabda,

مَنْ مَرَّ عَلَى الْمَقَابِرِ وَ قَرَأَ  قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ اِحْدَى عَشْرَةَ, ثُمَّ وَهَبَ أَجْرَهَا لِلْأَمْوَاتِ, اُعْطِيَ مِنَ الْأَجْرِ بِعَدَدِ اْلأَمْوَاتِ.

“Siapa saja yang melewati lokasi pekuburan dan membaca Qul huwallohu ahad (surat al-Ikhlash) sebelas kali, lantas pahala bacaannya dihadiahkan kepada para mayit, maka ia diberi pahala sejumlah mayit itu”. (HR Ar-Rafi'i dalam Tarikh Quzwain II/297, sebagaimana dikutip oleh Syaikh al-'Ajluni dalam Kasyf al-Khafa' II/272)

Senada dengan itu, Abul Qasim Sa’d bin ‘Ali az-Zanjani dalam Fawaidi nya mentakhrij hadits yang bersumber dari Abu Hurairah ra, katanya, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ دَخَلَ الْمَقَابِرَ ثُمَّ قَرَأَ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ وَأَلْهَاكُمْ التَّكَاثُرُ ثُمَّ قَالَ إِنِّي جَعَلْتُ ثَوَابَ مَا قَرَأْتُ مِنْ كَلاَمِكَ ِلأَهْلِ الْمَقَابِرِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ كَانُوْا شُفَعَاءَ لَهُ إِلَى اللهِ تَعَالَى

”Siapa saja yang masuk ke pekuburan, lalu membaca QS Al-Fatihah, QS. Al-Ikhlash dan QS. At-Takatur, kemudian mengatakan, “Aku jadikan / hadiahkan pahalaku dari membaca firman-Mu tersebut untuk ahli kubur dari kalangan kaum mukminin dan mukminat”, maka mereka memperoleh syafaat / pertolongan Allah SWT.”

Penulis Al-Khallal dengan sanadnya meriwayatkan hadits dari Anas ra, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ دَخَلَ الْمَقَابِرَ فَقَرَأَ سُوْرَةَ يس خَفَّفَ اللهُ عَنْهُمْ وَكَانَ لَهُ بِعَدَدِ مَنْ فِيْهَا حَسَنَاتٌ

“Siapa yang masuk ke pekuburan, lalu membaca surat Yaasiin, maka Allah SWT memperingan siksaan mereka, dan si pembaca memperoleh ganjaran sejumlah ahli kubur yang ada di situ”. (Baca kitab ‘Umdatul Qari syarh Shahih al-Bukhari (IV/497), kitab Syarh ash-Shudur bi Syarh Hal al-Mauta wa al-Qubur (I/303), tulisan imam Jalaluddin as-Suyuthi; dan Ahkam Tamanni Al-Maut hal. 75 tulisan Muhammad bin Abdul Wahhab, pendiri aliran Wahhabiyah).

Dalam kitab Nailul Authar juz 4 hal. 53 Imam As-Syaukani menjelaskan, 

وعن معقل بن يسار قال: قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم:

اقرؤوا يس على موتاكم رواه أبو داود وابن ماجة وأحمد ولفظه: يس قلب القرآن لا يقرؤها رجل يريد الله والدار الآخرة إلا غفر له واقرؤوها على موتاكم.

Dari Ma'qil bin Yasar, dia berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Bacalah Yaasiin di atas kematianmu Diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ibn Majah dan Imam Ahmad, dalam redaksinta, Surat Yaasiin adalah jantungnya Al-Qur'an. Tidaklah seseorang yang membacanya karena mengharap ridha Allah dan (kebahagiaan) negeri akhirat kecuali dia akan diampuni, maka bacalah olehmu surat yaasiin untuk orang yang meninggal diantara kalian." (Nailul Authar juz 4 hal. 53)

Demikian juga dengan Imam Al-Mawardi Asy-Syafi’i didalam Al-Hawi Al-Kabir fi Fiqh Madzhab Asy-Syafi’i (Syarah Mukhtashar Muzanni) juz 3 hal.26,

فأما القراءة عند القبر فقد قال الشافعي: ورأيت من أوصى بالقراءة عند قبره وهو عندنا حسن

“Adapun membaca Al-Qur’an disisi qubur maka sungguh Imam asy-Syafi’i telah berkata, “aku memandang orang yang berpesan agar dibacakan Al-Qur’an disisi quburnya adalah hasan (bagus) menurut kami”.

Imam Abdul Karim bin Muhammad ar-Rafi’i asy-Syafi’i menyebutkan didalam Fathul ‘Aziz bisyarhi al-Wajiz juz 5 hal. 249 dan dari apa yang beliau tuturkan menunjukkan bahwa membaca Al-Qur’an diatas kubur memang telah dilakukan oleh kaum Muslimin sejak dahulu.

والسنة ان يقول الزائر سلام عليكم دار قوم مؤمنين وانا ان شاء الله عن قريب بكم لاحقون اللهم لا تحرمنا أجرهم ولا تفتنا بعدهم وينبغي أن يدنو الزائر من القبر المزور بقدر ما يدنو من صاحبه لو كان حيا وزاره وسئل القاضى أبو الطيب عن ختم القرآن في المقابر فقال الثواب للقارئ ويكون الميت كالحاضرين يرجى له الرحمة والبركة فيستحب قراءة القرآن في المقابر لهذا المعني وأيضا فالدعاء عقيب القراءة أقرب الي الاجابة والدعاء ينفع الميت

“dan sunnah agar peziarah mengucapkan, “Salamun ‘Alaikum daara qaumi Mukminiin wa Innaa Insya Allahu ‘an qariibi bikum laa hiquun Allahumma laa tahrimnaa ajrahum wa laa taftinnaa ba’dahum”, dan sepatutnya zair (peziarah) mendekat ke kubur yang diziarahi seperti dekat kepada sahabatnya ketika masih hidup dan menziarahinya, Al-Qadli Abu Ath-Thayyib ditanya tentang mengkhatamkan Al-Qur’an dipekuburan maka beliau menjawab; ada pahala bagi pembacanya, sedangkan mayyit seperti orang yang hadir yang diharapkan mendapatkan rahmat dan berkah baginya, maka disunnahkan membaca Al-Qur’an di pekuburan berdasarkan makna ini, dan juga disunnahkan berdo’a mengiringi bacaan Al-Qur’an sebab lebih dekat untuk di ijabah sedangkan do’a bermanfaat bagi mayyit”.

Imam al-Hafidz Syaikhul Islam Abu Zakariyya Muhyiddin Yahya bin Syaraf An-Nawawi Ad-Dimasyqi Asy-Syafi’i di dalam Raudlatuth Thalibiin wa ‘Umdatul Muftiin juz 2 hal.139 menjelaskan,

فرع يستحب للرجال زيارة القبور، وهل يكره للنساء؟ وجهان. أحدهما: وبه قطع الأكثرون: يكره. والثاني، وهو الأصح عند الروياني: لا يكره إذا أمنت من الفتنة. والسنة أن يقول الزائر: سلام عليكم دار قوم مؤمنين، وإنا إن شاء الله عن قريب بكم لاحقون، اللهم لا تحرمنا أجرهم، ولا تفتنا بعدهم. وينبغي للزائر، أن يدنو من القبر بقدر ما كان يدنو من صاحبه في الحياة لو زاره. وسئل القاضي أبو الطيب عن قراءة القرآن في المقابر فقال: الثواب للقارئ، ويكون الميت كالحاضر، ترجى له الرحمة والبركة، فيستحب قراءة القرآن في المقابر لهذا المعنى، وأيضا فالدعاء عقيب القراءة أقرب إلى الإجابة، والدعاء ينفع الميت.

“Disunnahkan bagi laki-laki melakukan ziarah qubur, sedangkan apakah bagi perempuan dimakruhkan? terdapa dua pendangan; pertama, kebanyakan ‘ulama memuturkan bahwa dimakruhkan bagi perempuan melakukan ziarah qubur, kedua, yakni pendapat yang lebih shahih menurut Imam Ar-Ruyani, tidak dimakruhkan apabila aman dari fitnah. Sunnah bagi peziarah mengucapkan “Salamun ‘alaykum dar qaumin Mukminiin, wa innaa InsyaAllahu ‘an qaribi bikum laa hiquun, Allahumma laa tahrimnaa ajrahum wa laa taftinnaa ba’dahum”, sepatutnya bagi peziarah supaya mendekat ke qubut seperti mendekat kepada kawannya ketika hidup, Al-Qadli Abu Thayyib tentang pembacaan Al-Qur’an di pekuburan, maka ia berkata : terdapat pahala bagi pembacanya, sedangkan mayyit seperti orang yang hadlir, yang diharapkan mayyit mendapatkan rahmat dan barakah, maka disunnahkan membaca Al-Qur’an dipekuburan berdasarkan pengertian ini, dan juga disunnahkan berdo’a, do’a mengiringi pembacaan Al-Qur’an sebab itu lebih dekat di ijabah, sedangkan do’a bermanfaat bagi mayyit”.

Dalam Riyadlush Shalihin juz 1 hal.295 beliau juga menyebutkan,

قَالَ الشَّافِعِيُّ رَحِمهُ اللَّه: ويُسْتَحَبُّ أنْ يُقرَأَ عِنْدَهُ شيءٌ مِنَ القُرآنِ، وَإن خَتَمُوا القُرآن عِنْدهُ كانَ حَسناً.

“Imam asy-Syafi’i rahimahullah berkata : disunnahkan agar membaca sesuatu dari Al-Qur’an disisi quburnya, dan apabila mereka mengkhatamkan Al-Qur’an disisi quburnya maka itu bagus”

Kembali disebutkan didalam Al-Majmu’ syarah Al-Muhadzdzab juz hal. 94 dan 311 dijelaskan,

يستحب أن يمكث على القبر بعد الدفن ساعة يدعو للميت ويستغفر له نص عليه الشافعي واتفق عليه الأصحاب قالوا ويستحب أن يقرأ عنده شئ من القرآن وإن ختموا القرآن كان أفضل.... وروى البيهقي بإسناده أن ابن عمر رضي الله عنهما استحب قراءة أول البقرة وآخرها عند القبر والله أعلم.

“Disunnahkan agar berdiam sejenak diatas kubur setelah pemakaman untuk mendo’akan dan memohon ampunan untuk mayyit, nas Al-Imam Asy-Syafi’i dan ashhab Asy-Syafi’i menyepakatinya, dan mereka juga berkata, "disunnahkan agar membaca sesuatu dari Al-Qur’an disisi qubur mayyit, namun apabila mengkhatamkan al-Qur’an itu lebih utama, ... Imam Al-Baihaqi meriwayatkan beserta sanadnya bahwa Ibnu ‘Umar radliyallahu ‘anhumaa menganjurkan (mensunnahkan) pembacaan awal surah Al-Baqarah dan akhirnya disisi qubur, wallahu a’lam”.

ويستحب للزائر أن يسلم على المقابر ويدعو لمن يزوره ولجميع أهل المقبرة والأفضل أن يكون السلام والدعاء بما ثبت في الحديث ويستحب أن يقرأ من القرآن ما تيسر ويدعو لهم عقبها نص عليه الشافعي واتفق عليه الأصحاب قال الحافظ أبو موسى الأصفهاني رحمه الله في كتابه آداب زيارة القبور الزائر بالخيار إن شاء زار قائما وإن شاء قعد

“disunnahkan bagi peziarah agar mengucapkan salam kepada penghuni kubur dan mendo’akan orang yang diziarahi dan seluruh penghuni qubur, dan yang afdlal mengucapkan salam dan do’a dengan yang telah tsabit didalam hadits, dan disunnahkan agar membaca sesuatu yang mudah dari Al-Qur’an dan mendo’akan mereka mengiringi pembacaan Al-Qur’an, nas Imam Asy-Syafi’i dan telah disepakati oleh ashhab Syafi’i, Al-Hafidz Abu Musa Al-Ashfahani rahimahullah didalam kitabnya Adab Ziarah Qubur, peziarah qubur boleh memilih antara duduk dan berdiri”.

وروينا في " سنن البيهقي " بإسناد حسن، أن ابن عمر استحبَّ أن يقرأ على القبر بعد الدفن أوّل سورة البقرة وخاتمتها.

“Kami meriwayatkan didalam Sunan Al-Baihaqi dengan sanad yang hasan, bahwa Ibnu ‘Umar mensunnahkan agar membaca awal surah Al-Baqarah dan mengkhatamkannya diatas qubur setelah pemakaman”.

Imam Zakariyya bin Muhammad bin Ahmad bin Zakariyya al-Anshariy didalam Al-Gharar al-Bahiyyah fi syarhi al-Bahjah al-Wardiyah juz 2 hal.121 menjelaskan,

ويندب أن يقول الزائر: سلام عليكم دار قوم مؤمنين وإنا إن شاء الله بكم لاحقون اللهم لا تحرمنا أجرهم ولا تفتنا بعدهم وأن يقرأ ما تيسر من القرآن ويدعو لهم وأن يسلم على المزور من قبل وجهه وأن يتوجه في الدعاء إلى القبلة وعن الخراسانيين إلى وجهه وعليه 

“Disunnahkan bagi peziarah mengucapkan salam (..), kemudian (disunnahkan) membaca apa yang mudah dari Al-Qur’an dan mendo’akan mereka, serta mengucapkan salam atas yang diziarahi sebelum menghadapnya, disunnahkan menghdap qiblat ketika berdo’a sedangkan Khurasaniyyun menghadap ke wajah mayyit, dan dengan ini mereka beramal.”

Kembali beliau menuturkan dalam Fathul Wahab bisyarhi Minhaj ath-Thullab juz 1 hal.118,

( و ) أن ( يقرأ ) من القرآن ما تيسر ( ويدعو ) له بعد توجهه إلى القبلة لأن الدعاء ينفع الميت وهو عقب القراءة أقرب إلى الإجابة

“dan disunnahkan agar membaca apa yang dirasa mudah dari Al-Qur’an, kemudian berdo’a setelah menghadap ke qiblat, karena sesungguhnya do’a bermanfaat bagi mayyit, dan do’a yang mengiringi bacal Al-Qur’an lebih dekat di ijabah”.

Juga di dalam Asnal Mathalib juz 1 hal.331 disebutkan,

(وأن يقرأ) عنده ما تيسر من القرآن (ثم يدعو) له بعد توجهه إلى القبلة قال النووي ويستحب الإكثار من الزيارة وأن يكثر الوقوف عند قبور أهل الخير والفضل (والأجر له) أي للقارئ (والميت كالحاضر ترجى له الرحمة) والبركة

“(disunnahkan) agar perziarah membaca apa yang mudah dari Al-Qur’an disisi kuburan, kemudian berdo’a untuk mayyit menghadap qiblat, an-Nawawi berkata, disunnahkan memperbanyak ziarah dan memperbanyak diam di qubur ahlul khair wal fadll, dan ada pahala bagi pembacanya sedangkan mayyit seperti orang yang hadir yang diharapkan mendapatkan syafa’at dan berkah.”

Imam Syamsuddin Muhammad bin Ahmad al-Khathib as-Sarbini didalam al-Iqnaa’ fi Halli Alfadh Abi Syuja’ juz 1 hal.208 menyebutkan,

وَينْدب أَن يسلم الزائر لقبور الْمُسلمين مُسْتَقْبلا وَجه الْمَيِّت قَائِلا مَا علمه صلى الله عَلَيْهِ وَسلم إِذا خَرجُوا للمقابر السَّلَام على أهل الدَّار من الْمُؤمنِينَ وَالْمُسْلِمين وَإِنَّا إِن شَاءَ الله بكم لاحقون أسأَل الله لي وَلكم الْعَافِيَة أَو السَّلَام عَلَيْكُم دَار قوم مُؤمنين وَإِنَّا إِن شَاءَ الله بكم لاحقون رَوَاهُمَا مُسلم وَزَاد أَبُو دَاوُد اللَّهُمَّ لَا تَحْرِمنَا أجرهم وَلَا تفتنا بعدهمْ لَكِن بِسَنَد ضَعِيف وَقَوله إِن شَاءَ الله للتبرك وَيقْرَأ عِنْدهم مَا تيَسّر من الْقُرْآن فَإِن الرَّحْمَة تنزل فِي مَحل الْقِرَاءَة وَالْمَيِّت كحاضر ترجى لَهُ الرَّحْمَة وَيَدْعُو لَهُ عقب الْقِرَاءَة لِأَن الدُّعَاء ينفع الْمَيِّت وَهُوَ عقب الْقِرَاءَة أقرب إِلَى الْإِجَابَة وَأَن يقرب زَائِره مِنْهُ كقربه مِنْهُ فِي زيارته حَيا احتراما لَهُ قَالَه النَّوَوِيّ وَيسْتَحب الْإِكْثَار من الزِّيَارَة وَأَن يكثر الْوُقُوف عِنْد قُبُور أهل الْخَيْر وَالْفضل

“disunnahkan bagi peziarah mengucapkan salam kepada qubur muslimin dengan menghadap wajah mayyit, ucapannya sebagaimna diajarakan oleh Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam ketika keluar kepekuburan, “assalaamu ‘alaa ahlid dar minal mukminiina wal muslimiin wa innaa insyaAllahu bikum la hiquun as-alullaha liy wa lakum al-‘afiyah” atau “Assalamu ‘alaykum dara qaumin mukminiin wa inna Insya Allahu bikum laa hiquun, keduanya diriwayatkan oleh Imam Muslim, dan Imam Abu Daud menambahkan : “Allahumma laa tahrimnaa ajrahum wa laa taftinnaa ba’dahum”, tetapi sanadnya dlaif, adapun perkataan “InsyaAllah” bertujuan untuk tabarruq (ngalap berkah), dan disunnahkan membaca apa yang dirasa mudah dari Al-Qur’an disisi kubur muslimin, karena sesungguhnya rahmat diturunkan ditempat pembacaan Al-Qur’an, sedangkan mayyit seperti orang yang hadlir yang diharapkan baginya mendapatkan rahmat, kemudian disunnahkan mendo’akan mereka mengiringi bacaan Al-Qur’an karena sesungguhnya do’a bermanfaat bagi mayyit apalagi mengiringi bacaan Al-Qur’an maka itu lebih dekat kepada di ijabah, dan agar menziarahinya seperti dekatnya berziarah ketika masih hidup untuk memulyakannya, ini sebagaimana Imam an-Nawawi, dan disunnahkan memperbanyak ziarah qubut, dan supaya memperbanyak diam disisi qubut ahlul khair wal fadll”.

Beliau kembali menuturkan dalam kitab Mughni Muhtaj juz 2 hal.56,

(ويقرأ) عنده من القرآن ما تيسر، وهو سنة في المقابر فإن الثواب للحاضرين والميت كحاضر يرجى له الرحمة، وفي ثواب القراءة للميت كلام يأتي إن شاء الله تعالى في الوصايا (ويدعو) له عقب القراءة رجاء الإجابة؛ لأن الدعاء ينفع الميت وهو عقب القراءة أقرب إلى الإجابة، وعند الدعاء يستقبل القبلة وإن قال الخراسانيون باستحباب استقبال وجه الميت. قال المصنف: ويستحب الإكثار من الزيارة، وأن يكثر الوقوف عند قبور أهل الخير والفضل.

“dan membaca apa yang dirasa mudah dari Al-Qur’an di sisi qubur, dan itu adalah sunnah di pekuburan, dan sesungguhnya pahala bagi orang-orang yang hadir sedangkan mayyit seperti orang yang hadlir yang diharapkan ia mendapatkan rahmat, dan tentang pahala pembacaan Al-Qur’an bagi mayyit, InsyaAllah bahasannya yang akan datang pada pembasan Al-Washaya, dan mendo’akan mayyit mengiringi bacaan Al-Qur’an niscaya itu lebih dekat di ijabah, dan berdo’a menghadap kiblat sedangkan ulama Khurasan menganjurkan menghadap ke wajah mayyit”.

Syaikh Muhammad bin ‘Umar an-Nawawi al-Jawi al-Bantani (Sayyid ‘Ulama Hijaz) didalam Nihayatuz Zain juz 1 hal.162 menjelaskan,

(وَسَلام) ندبا حَالَة كَون الزائر مُسْتَقْبلا وَجه الْقُبُور قَائِلا مَا علمه رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم لعَائِشَة رَضِي الله عَنْهَا وَهُوَ السَّلَام على أهل الدَّار من الْمُؤمنِينَ وَالْمُسْلِمين وَيرْحَم الله الْمُسْتَقْدِمِينَ والمستأخرين وَإِنَّا إِن شَاءَ الله بكم لاحقون أَو مَا علمه رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم لأَصْحَابه وَهُوَ السَّلَام على أهل الدَّار من الْمُؤمنِينَ وَالْمُسْلِمين وَإِنَّا إِن شَاءَ الله بكم لاحقون أسأَل الله لنا وَلكم الْعَافِيَة رَوَاهُ مُسلم زَاد أَبُو دَاوُد بِسَنَد ضَعِيف اللَّهُمَّ لَا تَحْرِمنَا أجرهم وَلَا تفتنا بعدهمْ وَيقْرَأ وَيَدْعُو عقب قِرَاءَته وَالدُّعَاء ينفع الْمَيِّت وَهُوَ عقب الْقِرَاءَة أقرب للإجابة

“(disunnahkan mengucapkan salam) bagi peziarah dengan menghadap ke kubur, seperti yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam kepada ‘Aisyah radliyallahu ‘anhaa, yakni “(..)”, atau seperti yang diajar kepada shabatnya yakni (...), dan berdo’a mengiringi bacaan Al-Qur’an, sedangkan do’a bermanfaat bagi mayyit, dan berdo’a mengirisi bacaan Al-Qur’an lebih dekat untuk di ijabah”.

Syaikh al-'Allamah Zainuddin Ahmad bin ‘Abdul ‘Aziz bin Zainuddin bin ‘Ali bin Ahmad al-Malibari asy-Syafi’i didalam Fathul Mu’in bisyarhi Qurrati ‘Ain bin Muhimmatid Diin pada pembahasan terkait ziarah qubur,

ويسن كما نص عليه أن يقرأ من القرآن ما تيسر على القبر فيدعو له مستقبلا للقبلة.

“disunnahkan –sebagaimana nas (hadits) yang menerangkan tentang hal itu- agar membaca apa yang dirasa mudah dari Al-Qur’an diatas qubur, kemudian berdo’a untuk mayyit menghadap ke qiblat”

Imam Syamsuddin Muhammad bin Abul ‘Abbas Ahmad bin Hamzah Syihabuddin ar-Ramli didalam Nihayatul Muhtaj ilaa syarhi al-Minhaj juz 3 hal.36 pada pembahasan terkait ziarah qubur,

(ويقرأ ويدعو) عقب قراءته، والدعاء ينفع الميت وهو عقب القراءة أقرب للإجابة

“(kemudian disunnahkan) membaca Al-Qur’an dan berdo’a mengiri pembacaan Al-Qur’an, sedangkan do’a bermanfaat bagi mayyit, dan do’a mengiringi bacaan Al-Qur’an lebih dekat di ijabah”

Imam Ahmad Salamah Al-Qalyubi didalam Hasyiyatani Qalyubi wa ‘Umairah pada pembahasan terkait ziarah qubur,

قوله: (ويقرأ) أي شيئا من القرآن ويهدي ثوابه للميت وحده أو مع أهل الجبانة، ومما ورد عن السلف أنه من قرأ سورة الإخلاص إحدى عشرة مرة، وأهدى ثوابها إلى الجبانة غفر له ذنوب بعدد الموتى فيها

“dan perkataannya (dan –disunnahkan- membaca Al-Qur’an) yakni sesuatu yang mudah dari Al-Qur’an, kemudian menghadiahkan pahalanya kepada mayyit secara sendiri atau bersama ahl qubur, dan diantara yang telah warid dari salafush shalih bahwa barangsiapa yang membaca surah al-Ikhlas 11 kali, dan menghadiahkan pahalanya kepada ahl qubur maka diampuni dosanya sebanyak orang yang mati dipekuburan itu”.

Syaikh al-'Allamah Sulaiman bin ‘Umar bin Manshur Al-Azhari (Syaikh Al-Jamal) didalam Hasyiyatul Jamal ‘alaa Syarhi Al-Minhaj (Futuhaat Al-Wahab) tentang ziarah qubur,

ح ل والتحقيق أن القراءة تنفع الميت بشرط واحد من ثلاثة أمور إما حضوره عنده أو قصده له، ولو مع بعد أو دعاؤه له، ولو مع بعد أيضا اهـ. شيخنا (قوله ما تيسر) أي ويهدي ثوابه للميت وحده أو مع أهل الجبانة (فائدة) ورد عن السلف أن من قرأ سورة الإخلاص إحدى عشرة مرة وأهدى ثوابها لجبانة غفر له ذنوب بعدد الموتى فيها وروى السلف عن علي - رضي الله تعالى عنه - أنه يعطى من الأجر بعدد الأموات اهـ.

“dan tahqiq bahwa pembacaan Al-Qur’an bermanfaat bagi mayyit dengan memenuhi satu dari 3 syarat yakni apabila dibaca dihadapan mayyit (atau disisi kubur) atau apabila meng-qashad-kannya (meniatkan tujuannya) bagi mayyit walaupun jaraknya jauh, atau mendo’akannya (agar sampai) untuk mayyit walaupun jaraknya juga jauh. Intahaa. Syaikh kami (tentang perkataannya “apa yang mudah”) yakni menghadiahkan pahala bacaan Al-Qur’an kepada mayyit sendirian atau beserta ahl qubur, (Faidah) telah warid dari salafush shalih bahwa barangsiapa yang membaca surah al-Ikhlas 11 kali dan menghadiahkan pahalanya kepada .... maka diampuni dosanya sebnya jumlah orang yang mati disana, dan salafush shalih telah meriwayatkan dari ‘Ali radliyallahu ‘anhu, bahwa sesungguhnya beliau ...., Intahaa/selesai.

Syaikh Sayyid Abu Bakr bin Muhammad Syatha Ad-Dimyathi didalam I’anathuth Thalibin ‘alaa Halli Alfadh Fathul Mu’iin terkait ziarah qubur,

(قوله: ويسن كما نص عليه أن يقرأ الخ) أي لما ورد إن فمن زار قبر والديه أو أحدهما فقرأ عنده يس والقرآن الحكيم، غفر له بعدد ذلك آية أو حرفا. وعن الإمام أحمد بن حنبل أنه قال: إذا دخلتم المقابر فاقرأوا بفاتحة الكتاب والإخلاص والمعوذتين، واجعلوا ثواب ذلك لأهل المقابر، فإنه يصل إليهم. فالاختيار أن يقول القارئ بعد فراغه: اللم أوصل ثواب ما قرأته إلى فلان.

“(frasa, disunnahkan –sebagaimana nas tentang hal itu- agar membaca Al-Qur’an...) yakni berdasarkan riwayat bahwa barangsiapa yang berziarah qubur kedua orang tuanya, atau salah satu dari keduanya, maka bacalah Yasiin dan Al-Qur’an al-Kariim disisi quburnya, niscaya Allah akan memberikan ampun baginya sebanyak ayat atau huruf yag dibaca. Dan dari Imam Ahmad bin Hanbal bahwa ia berkata, "apabila kalian memasuki pekuburan maka bacalah oleh kalian Fatihatul Kitab, al-Ikhlas dan Mu’awwidatain (Al-Falaq dan An-Naas), dan jadikanlah pahalanya untuk penghuni pekuburan, sebab pahalanya itu sampai kepada mereka, dan yang lebih baik (pendapat yang di pilih dalam madzhab Syafi’i) agar seorang qari berdo’a setelah selesai membaca Al-Qur’an, "ya Allah sampaikanlah pahala apa yang telah dibaca kepada Fulan”.

 (قوله: من القرآن) بيان لما، مقدم عليه. (قوله: فيدعو له) أي فعقب القراءة يسن أن يدعو للميت رجاء الإجابة، لأن الدعاء ينفع الميت، وهو عقب القراءة أقرب إلى الإجابة. وسيأتي - في باب الوصية - كلام في حصول ثواب الدعاء والقراءة للميت - إن شاء الله تعالى -

“(perkataannya –membaca sesuatu yang mudah- dari Al-Qur’an) penjelasannya telah berlalu. (frasa, maka berdo’a untuknya) yakni mengikuti pembacaan Al-Qur’an yang disunnahkan berdo’a untuk mayyit agar di ijabah, karena do’a bermanfaat bagi mayit, sedangkan do’a mengiringi bacaan Al-Qur’an lebih dekat di ijabah. dan akan datang  - di bab wasiat- perbincangan tentang sampainya pahala do’a dan pembacaan Al-Qur’an untuk mayyit –Insya Allah-.

Imam Muhammad ‘Ali bin Muhammad bin ‘Allan bin Ibrahim al-Bakriasy-Syafi’i di dalam Dalilul Falihin li-Thuruqi Riyadl ash-Shalihiin juz 6hal.426 menyebutkan perkataan Imam asy-Syafi’i dan mensyarahnya sebagai berikut,

قال الشافعي رحمه الله: ويستحب أن يقرأ عنده شيء من القرآن) ليصيبه من الرحمة النازلة على القراء للقرآن نصيب (وإن ختموا القرآن) أي قرءوه (كله كان حسناً) لعظيم فضله.

“(Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berkata, " Disunnahkan agar membaca sesuatu dari Al-Qur’an di samping qubur) agar ia mendapatkan rahmat yang diturunkan atas pembacanya karena Al-Qur’an (apabila mengkhatamkan al-Qur’an) semuanya itu bagus karena banyaknya fadlilah.”

إذا دخلتم المقابر فقال الثواب للقارىء ويكون الميت كالحاضر ترجى له الرحمة والبركة فيستحب قراءة القرآن في المقابر لهذا المعنى وأيضا فالدعاء عقيب القراءة أقرب إلى الاجابة والدعاء ينفع الميت

“Ketika ditanya perihal membaca Al-Qur’an di kuburan, Qadhi Abut Thayyib menjawab, ‘Pahala membaca itu kembali kepada orang yang membaca. Sedangkan mayit seperti orang hidup yang diharapkan rahmat dan keberkahan Allah untuknya. Pembacaan Al-Qur’an dianjurkan dalam rangka ini. Sedangkan doa setelah pembacaan Al-Qur’an lebih dekat pada ijabah. Doa orang hidup itu akan bermanfaat bagi si mayit,’” (Imam An-Nawawi, Raudhatut Thalibin, [Riyadh, Daru Alamil Kutub: tanpa catatan tahun], juz I, halaman 657).

Salah seorang murid terdekat Imam Ahmad, Abu Bakar Al-Marrudzi, pernah mendengar gurunya berkata: 

إذا دخلتم المقابر فاقرءوا بفاتحة الكتاب والمعوذتين، وقل هو الله أحد، واجعلوا ثواب ذلك إلى أهل المقابر؛ فإنه يصل إليهم، وكانت هكذا عادة الأنصار في التردد إلى موتاهم؛ يقرءون القرآن.

Jika kalian masuk ke kuburan, maka bacalah Surat Al-Fatihah, Al-Muawwidzatain (Al-Falaq dan An-Nas), dan Al-Ikhlas. Lantas jadikanlah pahala bacaan itu untuk ahli kubur, maka hal itu akan sampai ke mereka. Dan inilah kebiasaan kaum Anshar ketika datang ke orang-orang yang telah wafat, mereka membaca Al-Qur’an (Mushtafa bin Saad al-Hanbali w. 1243 H, Mathalib Ulin Nuha, h. 935).

Dalam kitabnya Ar-Ruuh, Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah juga meriwayatkan kebiasaan senada yang dilakukan oleh kaum Anshar,

 اْلأَنْصَارُ إِذَا مَاتَ لَهُمُ الْمَيِّتُ اِخْتَلَفُوْا إِلَى قَبْرِهِ يَقْرَءُوْنَ عِنْدَهُ الْقُرْآنَ

Al-Khallal menyebutkan dari Syu’bi bahwa sahabat Anshar jika di antara mereka ada yang meninggal, maka mereka bergantian ke kuburnya membaca Al-Qur’an (Ibnu Qayyim, Ar-Ruuh hal.11). 

Itulah riwayat hadits dan penjelasan para ulama terkait kesunnahan membaca Al-Qur'an diatas kuburan, dan masih banyak lagi referensi yang ada.

Demikian Asimun Mas'ud At-Tamanmini menyampaikan semoga bermanfaat. Aamiin

1 komentar:

  1. Best casino site!【2021】best live casino in South Africa
    casino site live casino games casino luckyclub.live sites in South Africa live casino games casino sites in South Africa casino sites in South Africa.

    BalasHapus