UKURAN AIR DUA QULLAH
قَالَ : وَالْقُلَّتَانِ خَمْسُمِائَةِ رَطْلٍ بِالعِرَاقِيِّ تَقْرِيْبًا فِي الْأَصَحِّ لِمَا رَوَى عَنْ عَبْد الله بِنْ عُمَرُ رَضِيَ اللّٰهُ تَعَالَى عَنْهُمَا قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : 《 إِذَا بَلَغَ المَاءُ قُلَّتَيْنِ بِقِلاَلِ هَجَرَ لاَ يُنَجِّسُهُ شَيْءٌ 》
Berkata Al-Mushonnif : dan air dua qullah adalah lima ratus PON dengan kebiasan di IRAK mendekati dalam pendapat yang Ashoh karena apa yang di riwayatkan dari Abdullah Bin 'Umar ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : 《 Jika telah mencapai dua qullah dengan ukuran Qullahnya desa Hajar, maka tidak dapat di najiskan dari sesuatu 》
قَالَ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ قَالَ ابْنُ جُرَيجْ :
Berkata Imam Syafi'i ra : Ibnu Juraij berkata :
رَأَيْتُ قِلاَلُ هَجَرَ وَالقُلَّةُ تِسْعٌ قُرْبَتَيْنِ وَشَيْئًا فَاِحْتَاطَ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللّٰهُ تَعَالَى عَنْهُ وَجَعَلَ الشَّيْءُ نِصْفًا وَالْقُرْبَةَ لَا تَزِيْدُ فِي الغَالِبِ عَلَى مِائَةِ رَطْلٍ وَحِينَئِذٍ فَجُمْلَةُ ذَلِكَ خَمْسُ قِرَبٍ وَهِيَ خَمْسُمِائَةٍ رَطْلٌ بِالعِرَاقِيِّ وَهَلْ ذَلِكَ عَلَى سَبِيْلِ التَّقْرِيْبِ أَوِ التَّحْدِيدِ ؟ اَلْأَصَحُّ أَنَّهُ عَلَى سَبِيْلِ التَّقْرِيْبُ فَعَلَى هَذَا الْأَصَحُّ
Aku berpandangan ukuran Qullah Hajar dan satu Qullah Hajar adalah sembilan Qurbah yaitu dua Qurbah air dan dua Qurbah lebih sedikit, maka Imam Syafi'i ra berhati-hati dan membuat suatu kata setengah Qurbah air dan satu Qurbah air yang tidak bertambah dalam dominan atas seratus PON dan maka kemudian jumlah hal itu adalah lima Qirbah dan lima Qirbah adalah lima ratus PON dengan kebiasaan di IRAK dan apakah hal itu atas jalan yang mendekati ukuran lima ratus PON tersebut, maka atas pendapat ini yang Ashoh
أَنَّهُ لَا يُضِرُّ نُقْصَانَ قَدْرٍ لَا يُظْهِرُ بِنَقْصِهِ تَفَاوُتٌ فِي التَّغَيُّرِ بِقَدْرٍ مِنَ المُتَغَيِّرَاتِ مِثَالَهُ لَوْ وَضَعَنَا قَدْرَ رَطْلٍ مِنَ الْمُغَيِّرَاتِ فِي خَمْسِمِائَةِ رَطْلٍ وَوُضِعْنَا قَدْرَ رَطْلٍ مَا تَأَثَّرَتْ فَهَذَا النُّقْصَانُ لَا يُؤَثِّرُ فَلَوْ وَضَعَنَا قَدْرَ رَطْلٍ مِنَ الْمُتَغَيِّرَاتِ فِي خَمْسِمِائَةِ رَطْلٍ إِلَّا خَمْسَةَ أَرْطَالٍ مَثَلًا
Bahwasannya tidak akan merugikan kekurangan pada ukuran yang menunjukkan dengan kurangnya yang membedakan dalam perubahan pada ukuran dari sesuatu yang dapat merubah, seumpamanya seandainya kita menjatuhkan ukuran PON dengan sesuatu yang dapat mempengaruhi berubah, maka berkurangnya ini tidak menunjukkan bekas apa-apa, maka seandainya kami menjatuhkan ukuran PON dari suatu benda yang dapat merubah dalam lima ratus PON kecuali mengurangi lima PON yang seumpama
فَأَثَّرَ قُلْنَا هَذَا النَّقْصَ يُؤَثِّرُ : وَعَلَى قَوْلِ التَّحْدِيْدِ يُضِرُّ أَيَّ نَقْصٍ كَانَ كَنِصَبِّ الزَّكَاةِ
Maka perkataan kami ini yang kurang berpengaruh : dan atas pendapat yang harus ada pembatasan yang akan membahayakan, maksudnya : ada sedikit yang kurang, seperti masalah nishab zakat
وَقِيْلَ يُعْفَى عَنْ نَقْصِ رَطْلَيْنِ : وَقِيْلَ ثَلَاثَةُ وَنَحْوِهَا وَقَدَّرَ القُلَّتَيْنِ بِالْمِسَاحَةِ ذِرَاعٌ وَرُبْعٌ طُوْلًا وَعَرْضًا وَعُمُقًا وَقَدْرِهِمَا بِالدِّمَشْقِيِّ رَطْلٌ وَثَمَانِيَةُ أَرْطَالٍ وَثُلَثِيْ رَطْلٍ تَقْرِيبًا عَلَى قَوْلِ الرَّافِعِيُّ اَنْ رَطْلُ بَغْدَادْ مِائَةٌ وَثَلَاثُوْنَ دِرْهَمًا، وَاللّٰهُ أَعْلَمُ
Dan sebagian ulama' mengatakan : dapat di ma'afkan yang kurang dari dua PON : dan di katakan tidak apa-apa kurang dari tiga PON dan seumpamanya dan ukuran air dua Qullah dengan bejana bujur sangkar satu seperempat Dzira' yang panjang dan lebar dan kedalaman dan ukuran keduanya dengan kebiasaan PON DAMASKUS dan ada seratus delapan PON dan lebih sepertiga PON yang mendekati atas pendapat imam Ar-Rofi'i, jika menggunakan PON BAGHDAD ada seratus tiga puluh DIRHAM. Allah Lebih Mengetahui
Tidak ada komentar:
Posting Komentar