Rabu, 12 September 2018

SULAMUT TAUFIQ; FIQIH ZAKAT

Zakat Harta dan Zakat Fitrah

Zakat Harta dan Zakat Fitrah

Zakat harta itu wajib bagi muslim mukalaf, akil baligh, berakal sehat dan hartanya mencapai nisob. Sedangkan zakat fitrah itu wajib bagi setiap muslim tanpa memandang usia dan kemampuan.

Nama kitab: Terjemah Sullamut Taufiq ila Mahabbatillah alat Tahqiq
Nama asal kitab dalam tulisan Arab: سُلَّمُ التَّوْفِيق إلى مَحَبَّةِ اللهِ على التَّحْقِيق مُخْتَصَرٌ فِيما يَجِبُ على كُلِّ مُسْلِمٍ أنْ يَعْلَمَهُ مِنْ أُصُولِ الدِّينِ وفُرُوعِهِ
Penulis: Abdullah bin Husain bin Tohir Ba Alawi Al-Hadhromi Al-Syafi'i (1191-1272 H/-1777 M)
Penerjemah:
Bidang studi: Aqidah, Tasawuf dan Fiqih

BAB ZAKAT

فصل) وتجب الزكاة فى الابل والبقر والغنم والتمر والزبيب والزروع المقتاتة حالة الاختيار والذهب والفضة والمعدن والركاز منهما واموال التجارة والفطرة * 

واول نصاب الابل خمس ومن البقر ثلاثون ومن الغنم اربعون فلا زكاة قبل ذلك ولا بد من الحول بعد ذلك ولابد من السوم فى كلأ مباح وان لا تكون عاملة فيجب فى كل خمس من الابل شاة جذع ضأنأو ثنى معز وفى كل ثلاثين من البقر تبيع ثم إن زادت ماشيته على ذلك ففى ذلك الزائدة ويجب عليه أن يتعلم ما أوجبه اللّٰه تعالى عليه فيها

Wajib mengeluarkan zakat didalam onta, sapi, kambing, kurma, anggur, tanaman yang dapat memberi kekuatan (makanan pokok) pada saat ikhtiyar (bukan saat terpaksa), emas, perak, barang tambang (dari emas dan perak), harta simpanan orang jahiliyah (rikaz) dari emas dan perak, harta dagangan dan zakat badan (fitrah). 

ZAKAT UNTA, SAPI DAN KAMBING

Awal nisabnya onta adalah lima ekor, nisabnya sapi adalah tiga puluh ekor, nisabnya kambing adalah empat puluh ekor. 

Oleh karena itu sebelum mencapai nisab tersebut maka tidak wajib dizakati. Dan harus mencapai satu tahun, harus mencari makan sendiri dipenggembalaan yang dibolehkan dan harus tidak dipekerjakan. Didalam setiap onta lima ekor maka wajib mengeluarkan zakat berupa satu ekor kambing. Didalam setiap empat puluh ekor kambing wajib mengeluarkan zakat berupa kambing kibas yang berusia satu tahun atau kambing kacang yang berusia dua tahun. Didalam setiap tiga puluh ekor sapi wajib mengeluarkan zakat berupa anak sapi (tabi') yang berusia satu tahun penuh. 

Kemudian setiap ternak yang melebihi nisab tersebut maka jika lebih tersebut mencapai satu nisab maka wajib menzakatinya, jika tidak mencapai satu nisab maka tidak wajib menzakatinya. Wajib bagi setiap mukallaf untuk mengetahui setiap sesuatu yang diwajibkan oleh Alloh didalam masalah zakat. 


ZAKAT KURMA, ANGGUR DAN TANAMAN

ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﺘﻤﺮ ﻭﺍﻟﺰﺑﻴﺐ ﻭﺍﻟﺰﺭﻭﻉ ﻓﺄﻭﻝ ﻧﺼﺎﺑﻬﺎ ﺧﻤﺴﺔ اوسق ﻭﻫﻰ ﺛﻼﺛﻤﺎﺋﺔ ﺻﺎﻉ ﺑﺼﺎعه ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻭﻳﻀﻢ ﺯﺭﻉ ﺍﻟﻌﺎﻡ ﺑﻌﻀﻪ ﺍﻟﻰ ﺑﻌﺾ ﻻ ﻳﻜﻤﻞ ﺟﻨﺲ ﺑﺠﻨﺲ ﻭ ﺗﺠﺐ ﺍﻟﺰﻛﺎﺓ ﺑﺒﺪو ﺍﻟﺼﻼﺡ ﻭﺍﺷﺘﺪﺍﺩ ﺍﻟﺤﺐ ﻭﻳﺠﺐ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﻌﺸﺮﺍن ﻟﻢ ﺗﺴﻖ ﺑﻤﺆﻧﺔ ﻭﻧﺼﻔﻪ ﺍﻥ سقيت ﺑﻬﺎ ﻭﻣﺎ ﺯﺍﺩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺼﺎﺏ اخرج منه بقسطه ولا زكاة فيهما دون النصاب ﺍﻻ ﺍﻥ ﻳﺘﻄﻮﻉ ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﺬﻫﺐ ﻓﻨﺼﺎﺑﻪ ﻋﺸﺮﻭﻥ ﻣﺜﻘﺎﻻ ﻭﺍﻟﻔﻀﺔ ﻣﺎﺋﺘﺎ ﺩﺭﻫﻢ ﻭﻳﺠﺐ ﻓﻴﻬﻤﺎ رﺑﻊ ﺍﻟﻌﺸﺮ ﻭﻣﺎ ﺯﺍﺩ فبحسابه ﻭﻻ ﺑﺪ فيهما ﻣﻦ ﺍﻟﺤﻮﻝ ﺍﻻ ﻣﺎ ﺣﺼﻞ ﻣﻦ ﻣﻌﺪﻥ ﺃﻭ ﺭﻛﺎﺯ ﻓﻴﺨﺮﺟﻬﺎ ﺣﺎﻻ ﻭﻓﻰ ﺍﻟﺮﻛﺎﺯ ﺍﻟﺨﻤﺲ

Adapun awal nisabnya kurma, anggur, tanaman (yang dapat menjadi kekuatan) adalah lima wasaq.

Lima wasaq adalah tiga ratus sha’ dengan sha’nya rasululloh. Hasil panen dalam masa satu tahun apabila satu jenis maka dikumpulkan dalam menjumlah nishab dan menentukan kadar zakatnya. Satu jenis tanaman tidak dapat menyempurnakan pada jenis tanaman lain didalam menjumlah nisab. Tanaman wajib dizakati apabila sudah tampak baik dan bijinya sudah mengeras. Di dalam tanaman (kurma, anggur, tanaman yang dapat menguatkan) wajib mengeluarkan zakat sepersepuluhnya jika tanaman tersebut disiram dengan tanpa biaya. Dan wajib mengeluarkan zakat separuhnya sepersepuluh (seperdua puluh) jika tanaman tersebut disiram dengan adanya biaya. 

Dan apabila tanaman tersebut melebihi nisab maka lebihnya wajib dizakati sesuai kelebihannya. Namun apabila tanaman tersebut belum mencapai nisab maka tidak wajib dizakati kecuali untuk berbuat sunah (shodaqoh sunah). Adapun nisabnya emas adalah dua puluh mitsqol, sedangkan nisabnya perak adalah dua ratus dirham, dan didalam keduanya (emas dan perak) wajib mengeluarkan zakat sebesar seperempat sepersepuluh. Jika keduanya (emas dan perak) melebihi nisab maka lebihnya dizakati sesuai hitungan lebihnya. Dan didalam keduanya (emas dan perak) diharuskan mencapai satu tahun kecuali emas dan perak yang dihasilkan dari pertambangan (ma'dan) dan dari peninggalan jahiliyah (rikaz), oleh karena itu maka zakat keduanya (ma'dan dan rikaz) harus dikeluarkan seketika, sedangkan zakatnya adalah seperlima. 


ZAKAT PERDAGANGAN DAN ZAKAT FITRAH

ﻭﺃﻣﺎ ﺯﻛﺎﺓ ﺍﻟﺘﺠﺎﺭﺓ ﻓﻨﺼﺎﺑﻬﺎ ﻧﺼﺎﺏ ﻣﺎ ﺍﺷﺘﺮﻳﺖ ﺑﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﻘﺪﻳﻦ ﻭﻻ ﻳﻌﺘﺒﺮ ﺍﻻ ﺃﺧﺮ ﺍﻟﺤﻮﻝ ﻭﻳﺠﺐ فيها ﺭﺑﻊ ﻋﺸﺮ ﺍﻟﻘﻴﻤﺔ ﻭﻣﺎﻝ ﺍﻟﺨﻠﻴﻄﻴﻦ ﺃﻭ ﺍﻟﺨﻠﻄﺎﺀ ﻛﻤﺎﻝ ﺍﻟﻤﻨﻔﺮﺩ ﻓﻰ ﺍﻟﻨﺼﺎﺏ ﻭﺍﻟﻤﺨﺮﺝ ﺍﺫﺍ ﻛﻤﻠﺖ ﺷﺮﻭﻁ ﺍﻟﺨﻠﻄﺔ ﻭﺯﻛﺎﺓ ﺍﻟﻔﻄﺮ ﺗﺠﺐ ﺑﺎﺩﺭﺍﻙ ﺟﺰﺀ ﻣﻦ ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻭﺟﺰﺀ ﻣﻦ ﺷﻮﺍﻝ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻣﺴﻠﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﻋﻠﻴﻪ ﻧﻔﻘﺘﻬﻢ ﺍﺫﺍ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻣﺴﻠﻤﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻭﺍﺣﺪ ﺻﺎﻉ ﻣﻦ ﻏﺎﻟﺐ ﻗﻮﺕ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﺍﺫﺍ ﻓﻀﻠﺖ ﻋﻦ ﺩﻳﻨﻪ ﻭ ﻛﺴﻮﺗﻪ ﻭ ﻣﺴﻜﻨﻪ ﻭ ﻗﻮﺕ ﻣﻦ ﻋﻠﻴﻪ ﻧﻔﻘﺘﻬﻢ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻌﻴﺪ ﻭ ﻟﻴﻠﺘﻪ ﺗﺠﺐ ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻓﻰ ﺟﻤﻴﻊ ﺃﻧﻮﺍﻉ ﺍﻟﺰﻛﺎﺓ ﺑﻌﺪ ﺍﻻﻓﺮﺍﺯ ﻭﻳﺠﺐ ﺻﺮﻓﻬﺎ ﺍﻟﻰ ﻣﻦ ﻭﺟﺪ ﻣﻦ ﺍﻟﻔﻘﺮﺍﺀ ﻭﺍﻟﻤﺴﺎﻛﻴﻦ ﻭﺍﻟﻌﺎﻣﻠﻴﻦ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻭﺍﻟﻤﺆﻟﻔﺔ ﻓﻠﻮﺑﻬﻢ ﻭفى ﺍﻟﺮﻗﺎﺏ ﻭﺍﻟﻐﺎﺭﻣﻴﻦ ﻭﻓﻰ ﺍﻟﺴﺒﻴﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺍﺑﻦ ﺍﻟﺴﺒﻴﻞ ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻭﻻ ﻳﺠﺰﻯﺀ ﺻﺮﻓﻬﺎ ﻟﻐﻴﺮﻫﻢ

Adapun nisabnya zakat dagangan adalah sesuai dengan sesuatu yang digunakan untuk membeli dagangan yakni dari emas dan perak (artinya nisabnya sesuai dengan nisabnya emas dan perak). Dan nisab tidak diperhitungkan kecuali di akhir tahun. Harta dagangan yang wajib dizakati adalah seperempatnya sepersepuluhnya harga dagangan. Harta yang bercampur yang dimiliki dua orang atau lebih, itu sama dengan milik satu orang dalam menentukan nisab dan kadar zakat yang dikeluarkan apabila sudah memenuhi syarat-syaratnya khiltah (pencampuran harta). 

Zakat badan (fitrah) wajib disebabkan menjumpai sebagian dari bulan ramadhan dan sebagian dari bulan sawal, atas setiap orang islam dan orang-orang yan menjadi kewajibanya memberi nafkah jika mereka islam. Dan setiap satu orang zakatnya adalah satu sha' dari makanan yang biasa dijadikan kekuatan dinegaranya (makanan pokok), apabila sudah melebihi dari bayar hutangnya, pakaiannya, tempat tinggalnya dan dari makanan pokoknya orang-orang yang wajib dinafkahi disaat siang dan malamnya hari raya. Dan wajib berniat disemua macamnya zakat setelah dipisah. 

Wajib mengalokasikan zakat kepada orang yang ia jumpai dari orang-orang fakir, miskin, pengurus zakat (amil zakat), orang yang lembutkan hatinya (muallaf), budak yang mukatab, pejuang dalam agama Alloh dan anak perjalanan (musafir). Tidak boleh dan tidak mencukupi mengalokasikan zakat kepada selain orang-orang tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar