Mengenai pelaksanaan do’a dan dzikir setelah sholat pada dasarnya tidak ada perselisihan di antara ̒ulama. Masalah yang muncul di sekitar kita disebabkan do’a dan dzikir itu dilakukan bersama, sebagaimana yang dilakukan Nahdliyyin. Amaliyah Nahdliyyin ini dipermasalahkan karena menurut semenatara kelompok amaliyah tersebut tidak ada dasarnya dalam Al-Qur’an, Hadits Nabi Muhammad SAW dan tidak termasuk amalan Salafus Shalih. Pendapat ini tentu harus diluruskan.
Dalil-Dalil Yang Menjadi Sandaran Hujjah Dzikir Berjama’ah Ba’da Shalat Fardhu
1. Firman Alloh subhanahu wa ta’aala:
فِي بُيُوتٍ أَذِنَ اللهُ أَنْ تُرْفَعَ وَيُذْكَرَ فِيهَا اسْمُهُ يُسَبِّحُ لَهُ فِيهَا بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ
(cahaya itu) di rumrh-rumah yang di sana telah diperintahkan Alloh untuk memuliakan dan menyebut nama-Nya, di sana bertasbih (menycikan) nama-Nya pada waktu pagi dan petang. (QS. An Nuur : 36)
وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ مَنَعَ مَسَاجِدَ اللهِ أَنْ يُذْكَرَ فِيهَا اسْمُهُ وَسَعَى فِي خَرَابِهَا أُولَئِكَ مَا كَانَ لَهُمْ أَنْ يَدْخُلُوهَا إِلَّا خَائِفِينَ لَهُمْ فِي الدُّنْيَا خِزْيٌ وَلَهُمْ فِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيمٌ
Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang melarang di dalam masjid-masjid Alloh untuk menyebut nama-Nya, dan berusaha merobohkannya? Mereka itu tidak pantas memasukinya kecuali dengan rasa takut (kepada Alloh). Mereka mendapat kehinaan di dunia dan di akhirat mendapat adzab yang berat. (QS. Al Baqoroh : 114).
2. Sabda Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam
عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ أَنَّهُ سَمِعَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ الزُّبَيْرِ يَقُوْلُ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إذَا سَلَّمَ مِنْ صَلَاتِهِ يَقُوْلُ بِصَوْتِهِ الْأَعْلَى لَا إلَهَ إلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِاَللَّهِ وَلَا نَعْبُدُ إلَّا إيَّاهُ لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ لَا إلَهَ إلَّا اللهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدَّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ
Dari Abi Zubair, sesungguhnya ia pernah mendengar Abdulloh bin Zubair berkata : “Adalah Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam jika selesai salam dari sholatnya, beliau berkata dengan suaranya yang tinggi (keras) “Laa ilaaha illallohu wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syaiin qodiir. Wa laa haula wa laa quwwata illa billaahi wa laa na’budu ilaa iyyaahu, lahun ni’matu wa lahul fadhlu wa lahuts tsanaa’ul hasanu, laa ilaaha illallohu mukhlishina lahud diina walau karihal kaafiruun.” (HR, As Syafi’iy dalam musnadnya).
Pengambilan dalil (istidlal) dari hadits diatas adalah, Bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam pernah mengeraskan suara dalam berdzikir sesudah sholat, meskipun hal itu jarang dilakukan oleh beliau.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي وَأَنَا مَعَهُ حِينَ يَذْكُرُنِي فَإِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِي نَفْسِي وَإِنْ ذَكَرَنِي فِي مَلَإٍ ذَكَرْتُهُ فِي مَلَإٍ خَيْرٍ مِنْهُ وَإِنْ اقْتَرَبَ إِلَيَّ شِبْرًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا وَإِنْ اقْتَرَبَ إِلَيَّ ذِرَاعًا اقْتَرَبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا وَإِنْ أَتَانِي يَمْشِي أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً
Dari Abi Huroiroh –rodhiyallohu ‘anhu- ia berkata : Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda : “Alloh –‘azza wa jalla- berfirman : “Aku menurut prasangka hamba-Ku pada-Ku, dan Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku, jika ia menyebut-Ku dalam hatinya maka Aku mengingatnya, dan jika ia mengingat (menyebut)Ku dalam keramaian maka Aku menyebutnya dalam kelompok yang lebih baik, dan jika ia mendekat pada-Ku sejengkal maka Aku mendekatinya satu dziro’, dan jika mendekat pada-Ku satu dziro’ maka Aku mendekat padanya sedepa, jika ia mendatangi-Ku seraya berjalan maka Aku mendatanginya sambil bergegas.” (HR, Muslim).
Sisi pendalilan dari hadits diatas dalam konteks dzikir berjama’ah sesudah sholat adalah; adanya anjuran berdzikir baik dalam kesendirian atau berjama’ah (di keramaian).
عَنْ وَرَّادٍ مَوْلَى الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ قَالَ كَتَبَ الْمُغِيرَةُ إِلَى مُعَاوِيَةَ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ إِذَا سَلَّمَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ
Dari Al Warrod –pembantu Mughiroh- bin Syu’bah, ia berkata : Al Mughiroh pernah menulis untuk Mu’awiyah bin Abi Sufyan : Bahwa Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam disetiap selesai sholatnya beliau membaca :” Laa ilaaha illallohu wahdahu laa syariikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syaiin qodiir. Allohumma laa maani’a limaa a’thoita walaa mu’thiya limaa mana’ta walaa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu”. (HR, Bukhori, Muslim).
أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَخْبَرَهُ أَنَّ رَفْعَ الصَّوْتِ بِالذِّكْرِ حِينَ يَنْصَرِفُ النَّاسُ مِنْ الْمَكْتُوبَةِ كَانَ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ كُنْتُ أَعْلَمُ إِذَا انْصَرَفُوا بِذَلِكَ إِذَا سَمِعْتُهُ
Bahwasannya Ibnu Abbas –rodhiyallohu ‘anhuma- mengkhabarkan kepadanya : “Sesungguhnya mengeraskan suara dzikir ketika orang-orang selesai dari sholat maktubah adalah terjadi sejak masa Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam, Ibnu Abbas berkata : “aku mengtahui bahwa jika mereka selesai sholat melakukan demikian karena aku mendengarnya.” (HR, Bukhori, Muslim).
Dalam konteks hadits di atas Al Hafizh An Nawawi menjelaskan :
هَذَا دَلِيْلٌ لِمَا قَالَهُ بَعْضُ السَّلَفِ أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ رَفْعُ الصَّوْتِ بِالتَّكْبِيْرِ وَالذِّكْرِ عَقِبَ الْمَكْتُوْبَةِ, وَمِمَّنْ اِسْتَحَبَّهُ مِنَ الْمُتَأَخِّرِيْنَ بْنُ حَزْمٍ اَلظَّاهِرِي
Ini adalah dalil bagi pendapat sebagian salaf : Bahwasannya disunnahkan mengeraskan suara bacaan takbir, dzikir, sesudah sholat fardhu. Dan diantara para ulama dari kalangan mutaakhkhirin yang menganjurkan hal tersebut adalah Ibnu Hazm Azh Zhohiri. (Syarah Nawawi Ala Muslim, vol 5, hal 85).
عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا انْصَرَفَ مِنْ صَلَاتِهِ اسْتَغْفَرَ ثَلَاثًا وَقَالَ اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ
Dari Tsauban, ia berkata: “Adalah Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam ketika beliau selesai dari sholatnya beliau beristighfar tiga kali dan berdo’a “Allohumma antas Salaamu, waminkas salaamu, tabaarokta Dzal Jalaali wal Ikroomi” (HR, Muslim).
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ سَبَّحَ اللهَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَحَمِدَ اللهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَكَبَّرَ اللهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ فَتْلِكَ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ وَقَالَ تَمَامَ الْمِائَةِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ
Dari Abi Huroiroh, dari Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam : “Barangsiapa disetiap habis sholatnya bertasbih 33 kali, memuji Alloh 33 kali, dan bertakbir 33 kali, (jumlah) semuanya menjadi 99 kali dan untuk menggenapkan menjadi seratus kali ia membaca; ‘Laa ilaaha illallohu wahdahu laa syariikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syaiin qodiir’ maka dosanya diampuni, meskipun menyamai buih dilautan” (HR, Muslim).
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمْ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمْ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمْ الْمَلَائِكَةُ وَذَكَرَهُمْ اللهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ وَمَنْ بَطَّأَ بِهِ عَمَلُهُ لَمْ يُسْرِعْ بِهِ نَسَبُهُ
Dari Abi Huroiroh, ia berkata : Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda : “Barangsiapa melapangkan kesusahan seorang mukmin satu permasalahan didunia, maka Alloh melapangkan satu kesusahan baginya di akhirat, dan barangsiapa memudahkan kesulitan seseorang maka Alloh memudahkan baginya urusan dunia dan akhirat, barangsiapa menutupi (aib) seorang muslim maka Alloh menutupi (kesalahan)nya di dunia dan di akhirat, dan Alloh senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba tersebut menolong saudaranya, dan barangsiapa menempuh jalan dalam rangka mencari ilmu maka Alloh memudahkan baginya jalan menuju sorga, Dan tidaklah suatu kaum berkumpul di satu rumah dari rumah-rumah Alloh (masjid) seraya membaca kitab Alloh dan saling mempelajarinya (tadaarus) diantara mereka, melainkan turun ketenangan atas mereka, dicurahkan rahmat bagi mereka, para malaikat mengerumuni mereka dan Alloh menyebut (membanggakan) mereka dihadapan makhluk yang ada disisi-Nya.” (HR, Muslim).
Sisi pendalilan (wajhul istidlal) dari hadits diatas adalah adanya anjuran berkumpul di masjid untuk membaca al qur’an dan tadaarus. Dan dzikir dapat diqiyaskan dengan membaca al qur’an.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ الْفُقَرَاءُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُورِ مِنْ الْأَمْوَالِ بِالدَّرَجَاتِ الْعُلَا وَالنَّعِيمِ الْمُقِيمِ يُصَلُّونَ كَمَا نُصَلِّي وَيَصُومُونَ كَمَا نَصُومُ وَلَهُمْ فَضْلٌ مِنْ أَمْوَالٍ يَحُجُّونَ بِهَا وَيَعْتَمِرُونَ وَيُجَاهِدُونَ وَيَتَصَدَّقُونَ قَالَ أَلَا أُحَدِّثُكُمْ إِنْ أَخَذْتُمْ أَدْرَكْتُمْ مَنْ سَبَقَكُمْ وَلَمْ يُدْرِكْكُمْ أَحَدٌ بَعْدَكُمْ وَكُنْتُمْ خَيْرَ مَنْ أَنْتُمْ بَيْنَ ظَهْرَانَيْهِ إِلَّا مَنْ عَمِلَ مِثْلَهُ تُسَبِّحُونَ وَتَحْمَدُونَ وَتُكَبِّرُونَ خَلْفَ كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ فَاخْتَلَفْنَا بَيْنَنَا فَقَالَ بَعْضُنَا نُسَبِّحُ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَنَحْمَدُ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَنُكَبِّرُ أَرْبَعًا وَثَلَاثِينَ فَرَجَعْتُ إِلَيْهِ فَقَالَ تَقُولُ سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَاللهُ أَكْبَرُ حَتَّى يَكُونَ مِنْهُنَّ كُلِّهِنَّ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ
Dari Abi Huroiroh –rodhiyallohu ‘anhu- ia berkata : Orang-orang faqir datang menemui Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam, mereka berkata; orang-orang yang berharta menuju derajat yang tinggi dan An Na’iimil Muqiim dengan harta (mereka), mereka sholat sebagaimana kami sholat, mereka puasa seperti puasa kami, dan mereka memiliki kelebihan, dengan harta mereka dapat menunaikan hajji, umroh, mereka dapat berjihad (dengan harta) dan mereka dapat bersedekah.” Nabi menjawab : “Maukah kalian aku tunjukkan (amal) jika kalian mau melakukan maka kalian dapat menyusul orang-orang yang mendahului kalian (dalam kebaikan) dan tidak seorangpun sesudah kalian dapat menyusul kalian, maka kalian menjadi orang yang terbaik diantara orang-orang sebelum dan sesudah kalian, kecuali orang-orang yang mau mengamalkan hal yang sama (dengan kalian). Bertasbih, bertahmid, dan bertakbirlah kalian setiap selesai sholat sebanyak 33 kali.” Terjadi perbedaan diantara kami, sebagian ada yang berkata : Kami bertasbih 33 kali, bertahmid 33 kali, bertakbir 34 kali. Maka kami kembali kepada Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam dan beliau bersabda : “Ucapkanlah olehmu SUBHANALLOH WALHAMDULILLAH WALLOHU AKBAR"
عَنْ
حَبِيْبِ بْنِ مَسْلَمَةَ الْفِهْرِيِّ وَكَانَ مُجَابَ الدَّعْوَةِ رضي الله عنه
قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ: لاَ يَجْتَمِعُ
قَوْمٌ مُسْلِمُوْنَ يَدْعُوْ بَعْضُهُمْ وَيُؤَمِّنُ بَعْضُهُمْ إِلاَّ
اسْتَجَابَ اللهُ دُعَاءَهُمْ. رواه الطبراني في الكبير و الحاكم في المستدرك
Dari Habib bin Maslamah al-Fihri ra –beliau seorang yang
dikabulkan do’anya-, berkata: “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Tidak
lah berkumpul suatu kaum Muslimin, lalu sebagian mereka berdo’a, dan sebagian
lainnya mengucapkan amin, kecuali Allah pasti mengabulkan do’a mereka.” (HR.
al-Thabarani dalam al-Mu’jam al-Kabir, dan al-Hakim dalam al-Mustadrak).
Mengenai posisi imam setelah salam, banyak pendapat tentang hal tersebut. Ada yang mengatakan imam menghadap makmum, ada yang mengatakan bagian kanan badan imam mengarah ke makmum sementara bagian kirinya mengarah ke arah kiblat(untuk di Indonesia, menghadap ke Utara). Ada juga yang mengatakan imam tetap menghadap kiblat. Nah, untuk yang terakhir ini dijelaskan oleh Sayyid Abdurrahman bin Hasan bin Husain Ba Alawi dalam kitab Ghayatu Talkhish Al Murad min Fatawi ibn Ziyad Hal. 89
واختار الحافظ ابن حجر في فتاويه أن الإمام إن كان ممن يذكر المأمومين أو يدرسهم أو يفتيهم فأولى أن يستقبلهم وإلا فيستقبل القبلة
Mengenai posisi imam setelah salam, banyak pendapat tentang hal tersebut. Ada yang mengatakan imam menghadap makmum, ada yang mengatakan bagian kanan badan imam mengarah ke makmum sementara bagian kirinya mengarah ke arah kiblat(untuk di Indonesia, menghadap ke Utara). Ada juga yang mengatakan imam tetap menghadap kiblat. Nah, untuk yang terakhir ini dijelaskan oleh Sayyid Abdurrahman bin Hasan bin Husain Ba Alawi dalam kitab Ghayatu Talkhish Al Murad min Fatawi ibn Ziyad Hal. 89
واختار الحافظ ابن حجر في فتاويه أن الإمام إن كان ممن يذكر المأمومين أو يدرسهم أو يفتيهم فأولى أن يستقبلهم وإلا فيستقبل القبلة
Artinya : Imam Al-Hafidz Ibn Hajar dalam Fatawinya
mengatakan : imam lebih utama menghadap makmum jika memang hendak memberikan nasehat,
pelajaran atau fatwa kepada mereka. Jika tidak demikian, maka imam tetap
menghadap kiblat.
Berikut ini adalah penjelasan Imam
an-Nawawi yang dikemukan oleh penulis kitab Ruh al-Bayan.
وَقَدْ جَمَعَ النَّوَوِيُّ بَيْنَ الْأَحَادِيثِ
الوَارِدَةِ فِى اسْتِحَبَابِ الجَهْرِ بِالذِّكْرِ وَالوَارِدَةِ فِى
اسْتِحَبَابِ الإِسْرَارِ بِهِ بِأَنَّ الْإِخْفَاءَ أَفْضَلُ حَيْثُ خَافَ
الرِّيَاءَ أَوْ تَأَذَّى المُصَلُّونَ أَوْ النَّائِمُونَ وَالْجَهْرُ أَفْضَلُ
فِى غَيْرِ ذَلِكَ لِأَنَّ الْعَمَلَ فِيهِ أَكْثَرُ وَلِأَنَ فَائِدَتَهُ
تَتَعَدَّى إِلَى السَّامِعِينَ وَلِأَنَّهُ يُوقِظُ قَلْبَ الذَّاكِرِ وَيَجْمَعُ
هَمَّهُ إِلَى الفِكْرِ وَيَصْرِفُ سَمْعَهُ إِلَيْهِ وَيَطْرِدُ النَّوْمَ
وَيَزِيدَ فِى النَّشَاطِ (أبو الفداء إسماعيل حقي، روح البيان، بيروت-دار الفكر،
ج، 3، ص. 306
“Imam an-Nawawi memadukan antara
hadits-hadits yang menganjurkan (mustahab) mengeraskan suara dalam berdzikir
dan hadits-hadits yang menganjurkan memelankan suara dalam berdzikir; bahwa
memelankan suara dalam berdzikir itu lebih utama sekiranya dapat menutupi riya
dan mengganggu orang yang shalat atau orang yang sedang tidur. Sedangkan
mengeraskan suara dalam berdzikir itu lebih utama pada selain dua kondisi
tersebut karena: pebuatan yang dilakukan lebih banyak, faidah dari berdzikir
dengan suara keras itu bisa memberikan pengaruh yang mendalam kepada
pendengarnya, bisa mengingatkan hati orang yang berdzikir, memusatkan
perhatiannya untuk melakukan perenungan terhadap dzikir tersebut, mengarahkan
pendenganrannya kepada dzikir terebut, menghilankan kantuk dan menambah
semangatnya”. (Abu al-Fida` Ismail Haqqi, Ruh al-Bayan, Bairut-Dar al-Fikr,
juz, 3, h. 306)
Ibnu Huzaiman memasukkan hadits di atas daam kitab
Shahih-nya, dan memberinya judul, Bab: Raf’u al-Shaut bi al-Takbiir wa
al-Dzikr ‘inda Inqidha’ al-Shalah (Bab: meninggikan (mengeraskan) suara
takbir dan dzikir ketika selesai shalat (wajib).. hal ini menunjukkan bahwa
beliau memahami bolehnya mengeraskan takbir dan dzikir sesudah shalat.
Ibnu Daqiq al-‘Id, juga menyatakan hal yang sama,
“Dalam hadits ini, terdapat dalil bolehnya mengeraskan dzikir setelah shalat,
dan takbir secara khusus termasuk dalam kategori dzikir." (Ihkamul Ahkam
Syarah Umdatul Ahkam)
Imam al-Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim mengatakan,
bahwa hadits ini adalah dalil bagi pendapat sebagian ulama salaf bahwa disunnahkan
mengeraskan suara takbir dan dzikir sesudah shalat wajib. Dan di antara ulama
muta’akhirin yang menyunahkannya adalah Ibnu Hazm al-Zahiri.
Sedangkan Imam al-Syafi’i rahimahullaah, memaknai
hadits di atas dengan mengatakan, bahwa beliau shallallahu 'alaihi wasallam mengeraskan
(dzikir sesudah shalat) hanya dalam waktu sementara saja untuk mengajari mereka
tentang sifat dzikir, bukan mengeraskan terus menerus. Imam Syafi’i berpendapat
agar imam dan makmum melirihkan dzikir kepada Allah Ta’ala sesudah shalat,
kecuali kalau imam ingin agar makmum belajar darinya, maka dia mengeraskan
dzikirnya sehingga ia melihat makmum telah belajar darinya, lalu melirihkannya.
Dan beliau memaknai hadits tersebut dengan ini. (Lihat Syarah Shahih
Muslim lin Nawawi)
Dari beberapa hadits diatas, dan tentunya masih cukup banyak
hadits-hadits lain yang berkaitan dengan masalah dzikir (wirid) ba’da
sholat juga dzikir berjama’ah, kita dapati adanya anjuran untuk membaca
setidaknya dzikir atau wirid ma’tsuroh yang dilakukan setiap selesai
sholat, juga kita mendapati adanya anjuran berkumpul untuk berdzikir
baik di masjid atau di tempat lain. Wallahu a'lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar